DPRD KSB Dukung Percepatan Pembahasan Raperda Perangkat Daerah

Taliwang (Suara NTB) – Rencana pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) untuk mempercepat pembentukan Peraturan Daerah (Perda) Perangkat Daerah mendapat dukungan penuh kalangan DPRD setempat.

Lembaga penyerap aspirasi rakyat ini menyatakan, akan mendukung penuh percepatan penetapan payung hukum struktur perangkat daerah tersebut. “Kita siap kapan pun. Kan kita tinggal tunggu pengajuannya saja dari eksekutif,” terang wakil ketua DPRD KSB Amir Ma’ruf Husein, S.PdI kepada media ini, Selasa, 23 Agustus 2016.

Iklan

Terkait rencana percepatan penetapan Perda Perangkat Daerah ini, sebelumnya pemerintah telah mengkomunikasikannya dengan DPRD. Menurut Amir Ma’ruf, pemerintah menginginkan agar Perda itu dapat tuntas sebelum masuknya masa pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (2017) yang direncanakan akan dimulai awal Oktober mendatang. “Kita juga inginkan hal yang sama. Makanya kita dorong pemerintah segera mengajukannya,” timpalnya.

Ia mengatakan, pembahasan Perda Perangkat Daerah harus disegerahkan. Mengingat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah mewarning seluruh Pemda provinsi dan kabupaten/kota menetapkan Perda Perangkat Daerah pada akhir bulan Agustus ini.

“Kalau mau kejar warning Kemendagri, maka kita harus cepat-cepat membahasnya,” sebut politisi Partai Bulan Bintang (PBB) ini.

Ia pun berharap, pemerintah segera mengajukan draf Raperda Perangkat Daerah itu. “Kita di posisi menunggu. Begitu diajukan kita akan langsung susun jadwal pembahasannya,” imbuhnya.

Sementara itu, pemerintah masih terus membahas draf susunan perangkat daerah yang akan diajukan ke DPRD. Secara marathon sejak sepekan lalu, satu per satu Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) mengajukan susunan struktur terbarunya untuk dimasukkan ke dalam draf Raperda.

Informasi yang diperoleh media ini, Selasa kemarin, menjadi batas terakhir penyusunan struktur tiap-tiap SKPD yang akan dimasukkan dalam Perda Perangkat Daerah terbaru nanti. (bug)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here