DPRD Kritik Distan Lobar

Tanaman jagung milik petani di Desa Batu Putih Kecamatan Sekotong yang rusak akibat diserang hama tikus.(Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Para petani dan anggota Komisi II DPRD Lombok Barat (Lobar) mengkritisi kinerja Dinas Pertanian yang dinilai tidak becus dalam menangani persoalan hama tikus dan dampak bencana banjir yang menyebabkan petani di beberapa daerah setampat merugi hingga ratusan juta rupiah.

Anggota Komisi II DPRD Lobar yang membidangi pertanian Abu Bakar Abdullah menilai Distan tidur ketika ada petani mengalami masalah di bawah. Seperti kasus petani di beberapa daerah Kecamatan Sekotong yang tanaman jagung dan padinya rusak akibat hama tikus serta bencana banjir.

Iklan

Hasil serapannya ketika turun menyerap aspirasi masyarakat, banyak petani mengeluhkan soal hama ini.  Menindaklanjuti keluhan petani tersebut, ia pun langsung menghubungi Kepala Dinas Pertanian H. Muhur Zokhri, namun bersangkutan tidak mengangkat telepon, sehingga dirinya menelpon kepala bidang yang menangani masalah ini.

Pihaknya meminta kepada kepala bidang terkait segera turun, jangan hanya bekerja di atas meja dan sekadar menunggu laporan dari bawahan. Setelah diminta turun, barulah bidang terkait berencana akan turun besok (hari ini) ke lokasi terdampak hama.

Menurutnya, harus ada langkah cepat dari OPD untuk menangani hama ini. Karena hama yang dilawan ini adalah hewan yang cepat berkembang biak. Penanganan hama ini juga harus dipastikan aman, tidak berbahaya dari sisi lingkungan.

Sementara itu Kadis Pertanian H Muhur Zokhri melalui Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura I Nengah Sukanda, mengatakan pihaknya sudah menghubungi jajaran di kecamatan. Sejauh ini lahan jagung yang terdampak hama di Desa Sekotong Tengah, Kedaro dan Batu Putih.

“Kami akan turun besok (hari ini, red),”jelas dia.

Pihaknya akan melakukan penanganan dengan memberi racun pengendali hama ini. Soal penanganan hama ini, pihaknya bukan tidak bergerak. Namun pihaknya sudah meminta kepada jajaran di bawah tidak menunggu penanganan periodik. Akan tetapi langsung ditangani ketika ada hama supaya tidak berkembang biak. (her)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional