DPRD Kota Mataram Siap Sambut Peserta Munas V Adeksi

H. Didi Sumardi, SH. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – DPRD Kota Mataram kembali dipercaya sebagai tuan rumah Munas V Adeksi (Asosiasi Dewan Kota Seluruh Indonesia) tahun 2020. Berbagai persiapan terus dilakukan demi memberikan pelayanan prima kepada peserta Munas Adeksi yang akan dibuka Rabu, 11 Maret 2020.

Ketua DPRD Kota Mataram, H. Didi Sumardi, SH., kepada wartawan, di Mataram, Senin, 9 Maret 2020 sore menyatakan, pihaknya siap menyambut kedatangan peserta Munas V Adeksi yang digelar di Hotel Lombok Raya.

Iklan

Didi mengaku, persiapan Munas V Adeksi ini sudah mencapai seratus persen. Tiga kali menjadi tuan rumah Adeksi, membuat Kota Mataram jauh lebih siap. ‘’Sekarang ini persiapannya lebih panjang, jadi kita bisa siapkan dengan matang,’’ ucapnya.

Munas Adeksi yang dijadwalkan 10 – 13 Maret ini, diikuti oleh unsur pimpinan dan anggota DPRD kota se-Indonesia yang berjumlah 90 kota. Hingga sore kemarin, jumlah peserta yang sudah mengkonfirmasi kehadiran sebanyak 1.031 orang.

‘’Data ini dinamis dan kecenderungannya bertambah, karena banyak yang mengkonfirmasi akan hadir,’’ ujar organizing committee Munas V Adeksi ini.

 

Jumlah peserta itu, lanjut Didi, tidak termasuk unsur pendamping yang jumlahnya diperkirakan 200 orang. ‘’Unsur pendamping ini dari Sekretariat Dewan dan juga eksekutif,’’ sebutnya. Peserta Munas V Adeksi yang dijadwalkan tiba di Mataram, Selasa, 10 Maret 2020, akan menginap di lima hotel di Kota Mataram. Masing-masing Hotel Lombok Raya, Hotel Lombok Garden, Hotel Aston Inn, Golden Palace Hotel dan Hotel Grand Legi.

Dalam penyelenggaraan Munas V Adeksi dan Seminar Nasional tahun 2020 serangkaian materi dan penyaji (narasumber). Materi kegiatan Seminar Nasional meliputi: Respons Daerah Menyambut Omnibus Law: Mempercepat Pertumbuhan Ekonomi Menuju Indonesia Maju.

Materi Omnibus Law sebagai momentum strategi percepatan penataan hukum dan pemerintahan di Indonesia rencananya akan disampaikan oleh Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD, S.H., S.U., M.I.P. (Menkopolhukam). “Omnibus Law sebagai strategi percepatan pertumbuhan ekonomi UMKM, Cipta Lapangan Kerja, dan mendorong investasi, akan disampaikan oleh Dr. Ir. Airlangga Hartarto, M.B.A., M.M.T. (Menko Perekonomian)

‘’Konsep Omnibus Law sebagai terobosan hukum untuk menjawab persoalan tumpang tindih peraturan perundang-undangan di Indonesia, disampaikan oleh  Prof. Yasonna Hamonangan Laoly, S.H., M.Sc., Ph.D. (Menkumham),’’ kata Didi.

 

Sedangkan Omnibus Law sebagai terobosan penyeragaman/sinkronisasi kebijakan pusat dan daerah dalam menunjang iklim investasi di daerah akan disampaikan oleh Jenderal Polisi (Purn) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian., M.A., Ph.D. (Mendagri)

Namun demikian, kata orang nomor satu di DPRD Kota Mataram ini, jadwal narasumber sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan situasi dan kondisi.

Adapun materi untuk penyelenggaraan Munas V Adeksi terdiri dari sambutan pembukaan Wakil Presiden Republik Indonesia Bapak Prof. Dr. (H.C.K.H. Ma’ruf Amin berkenaan dengan “Sinkronisasi Prioritas Pembangunan Nasional dan Daerah sesuai Visi Indonesia Maju”. Naskah pertanggungjawaban Dewan Pengurus Adeksi 2015 – 2020 disajikan oleh Ketua Umum Adeksi.

Materi-materi pokok untuk penyelenggaraan Munas V yang akan dibahas dalam rapat-rapat komisi dan disahkan dalam rapat pleno (paripurna), yaitu : (1) Draft Rancangan Tata-tertib Pemilihan Ketua Umum Adeksi periode 2020 – 2025, (2) Draft Perencanaan Anggaran Adeksi periode 2020 – 2025, (3) Draft Kebijakan Dasar dan Program Kerja Adeksi periode 2020 – 2025, dan (4) Draft perubahan/penyempurnaan AD/ART Adeksi (jika ada).

Materi-materi pokok Munas, khususnya pada poin c dan d dipersiapkan oleh Dewan Pengurus Adeksi, Panitia SC, dan Seknas ADEKSI melalui Rapat Pimpinan DPRD Kota Seluruh Indonesia, yang pelaksanaannya Bulan Februari lalu. (fit/*)