DPRD Hentikan Proyek Jalan di Bima

Bima (Suara NTB) – Komisi III DPRD bersama Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bima, menghentikan proyek perbaikan jalan lintas Bajo – O’o Kecamatan Donggo. Pasalnya proyek yang menelan anggaran Rp 5 miliar itu diduga bermasalah, dinilai tidak sesuai Rencana  Anggaran Belanja (RAB).

“Langkah ini dilakukan menindaklanjuti aduan masyarakat, bahwa pengerjaannya diduga bermasalah,” kata Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bima, H. Mustahid H. Kako, saat meninjau lokasi proyek, Senin, 21 November 2016.

Iklan

Menurut dia, berdasarkan laporan masyarakat, pekerjaan proyek itu terkesan asal jadi dan tidak sesuai RAB. Seperti penggalian pemasangan talud yang tidak memenuhi standar dan materialnya bangunan tidak sesuai.

“Untuk itu tidak ada alasan bagi pelaksana untuk melanjutkan proyek ini. Karena jelas-jelas sudah tidak sesuai standar dan prosedur,” ujarnya.

Sementara Plt Kabag Bina Marga PU, Kabupaten Bima, Arif Junaidin, ST, mengatakan, temuan itu akan ditindaklanjuti oleh pihaknya dengan memanggil pelaksana proyek untuk melakukan klarifikasi.

Pasalnya selain ada standar pengerjaan yang tidak sesuai, papan pemberitahuan juga tidak dilengkapi. Sehingga tidak salah masyarakat menuding proyek tersebut terkesan asal jadi.

“Tentu akan disikapi, secepatrnya kita akan memanggil pelaksana proyek,” teranngya.

Dia menjelaskan, proyek tersebut menelan anggaran Rp 5 miliar dari APBD perubahan 2016 untuk dua pekerjaaan. Yakni perbaikan jalan sepanjang 4 kilometer juga diperuntukkan bagi pembuatan talud.

Akan tetapi fakta yang ditemukan di lapangan proses pengerjaan pengerasan jalan diduga hanya sepanjang 3 kilometer. Sementara penggalian talud yang seharusnya memilki kedalaman 40 cm, namun yang terjadi hanya sedalam 15 cm.

“Bahkan tidak sampai, kami memperkirakan kedalamannya hanya sekitar 12 atau 13 cm,” pungkasnya. (uki)

  Proyek Cipta Karya Diduga Banyak Bermasalah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here