DPRD Desak Tuntaskan Pembangunan RPH Kandai Dua

Dompu (Suara NTB) – DPRD Dompu mendesak Dinas Peternakan Provinsi NTB untuk segera menuntaskan proyek pembangunan Rumah Potong Hewan (RPH) di Kelurahan Kandai Dua. Desakan itu disampaikan mengingat limbah RPH di Kelurahan Simpasai sudah meresahkan masyarakat. Disinyalir persoalan ini disebabkan tidak maksimalnya pengelolaan limbah oleh pengelola.

Anggota Komisi II DPRD, Muhammad Iksan, S.Sos kepada wartawan, Selasa 18 Oktober 2016 mengungkapkan, rencana pemindahan RPH yang dicanangkan sejak dua tahun lalu belum juga direalisasikan. Beberapa fasilitas pendukung belum tersedia, sehingga belum bisa digunakan. Kekurangan fasilitas agar bisa dilengkapi sehingga bangunan yang dibangun sejak empat tahun lalu oleh Provinsi ini bisa segera dimanfaatkan. “Saya minta pembangunannya segera dicarikan solusi agar bagaimana pembangunan RPH itu cepat diselesaikan,” katanya.

Iklan

Dalam setiap rapat evaluasi, kata Iksan, persoalan RPH selalu dipertanyakan pada Dinas Peternakan Kabupaten Dompu. Namun fakta di lapangan, RPH Kandai Dua tersebut belum juga dimanfaatkan karena masih adanya beberapa fasilitas yang belum lengkap dan akses jalan masuk yang memadai. Disisi lain, ini didesak masyarakat Simpasai yang sudah lama menjadi korban limbah RPH. “Kondisi RPH Simpasai dengan pengolahan limbahnya menjadi keluhan warga setempat,” ujarnya.

Iksan juga mengatakan, lokasi RPH Kandai sebagai pengganti RPH Simpasai sudah cukup strategis. Jaraknya dengan perkampungan warga dan limbah hasil olahan bisa langsung dibuang ke sungai. “Kami merespon positif adanya RPH ini sehingga nanti akan memberikan ruang buat warga dalam pemenuhan ekonomi keluarganya,” ungkapnya. (jun)