DPP PDIP Belum Putuskan Dukungan untuk Sumbawa

Raden Nuna Abriadi. (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Pengumuman tahap IV nama-nama kandidat bakal pasangan calon Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah yang akan diusung pada pilkada serentak 2020 oleh PDI Perjuangan kembali dilaksanakan pada Jumat, 28 Agustus 2020. Untuk Provinsi NTB ada empat daerah yang ikut diumumkan pada tahap IV tersebut yakni Pilkada Kabupaten Lombok Utara (KLU) Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Dompu dan Kabupaten Bima.

Pengumuman dilakukan langsung oleh DPP PDIP secara daring dengan diikuti oleh seluruh pengurus DPD partai yang melaksanakan Pilkada serentak 2020 serta para kandidat bakal pasangan calon yang akan diumumkan. Empat bakal pasangan calon dari NTB yang namanya ikut diumumkan DPP PDIP tersebut hadir langsung di kantor DPD PDIP Provinsi NTB bersama jajaran pengurus DPD PDIP NTB.

Iklan

Mereka adalah Djohan Sjamsu-Danny Carter Bapaslon Pilkada KLU, kemudian untuk Lombok Tengah dukungan PDIP jatuh kepada pasangan Pathul Bahri-Nursiah. Pilkada Dompu dukungan diberikan kepada pasangan Eri-Ihtiar dan untuk Kabupaten Bima diberikan kepada pasangan Irfan-Herman Edison.

“Hari ini kami sudah mengikuti teleconference terkait pengumuman nama-nama kandidat bakal pasangan calon yang direkomendasikan DPP PDIP untuk diusung di Pilkada serentak 2020. Untuk NTB ada empat yang diumumkan,” ujar anggota desk Pilkada DPD PDI-P NTB, Raden Nuna Abriadi kepada Suara NTB.

Dengan telah diumumkan empat daerah tersebut, maka masih tertinggal satu daerah di NTB yang belum diumumkan yakni Kabupaten Sumbawa. Dinamika penentuan dukungan PDIP di Sumbawa nampaknya masih berlangsung alot.

“Ya memang tinggal satu yang belum diumumkan yaitu Kabupaten Sumbawa, khusus untuk Kabupaten Sumbawa ini memang menjadi hak preogratif mutlak ibu ketua umum untuk mengumumkan,” katanya.

“Sedangkan untuk waktunya kami akan mengadakan komunikasi lanjutkan dengan DPP partai. Mungkin akan diumumkan serentak dengan daerah yang belum, seperti Surabaya. Tapi yang jelas akan diumumkan sebelum pendaftaran bakal calon di KPU,” sambungnya.

Tidak diumumkannya dukungan Sumbawa tersebut dari informasi yang digali Suara NTB, hal itu terjadi lantaran masuknya paket pasangan Nurdin Ranggabrani-Burhanuddin Jafar Salam (Nur-Salam) yang ikut memperebutkan dukungan PDIP.

“Terkait alasan kenapa belum, saya tidak tahu sepenuhnya karena ini menjadi pertimbangan internal dari DPP sendiri. Mungkin DPP masih ada pertimbangan-pertimbangan lain,” pungkasnya. (ndi)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional