DPMPD Dukcapil NTB Targetkan Peningkatan Kerjasama Pemanfaatan Data Kependudukan

Pemaparan materi pemanfaatan data kependudukan dalam program Bimtek DPMPD Dukcapil NTB, Selasa, 1 Oktober 2019 (Suara NTB/bay)

Mataram (Suara NTB) – Minimnya kerjasama pemanfaatan data kependudukan untuk menjadi salah satu rujukan rencana pembangunan menjadi atensi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Kependudukan dan Catatan Sipil (DPMPD Dukcapil) NTB. Pasalnya, dengan memanfaatkan data kependudukan seluruh rencana pembangunan yang ada di NTB saat ini dinilai akan lebih fokus dan tepat sasaran.

Kepala Bidang Dukcapil DPMPD Dukcapil NTB, Panca Kusuma menerangkan, pihaknya selalu menyiapkan profil data kependudukan sebanyak dua kali setiap tahunnya. ‘’Tapi kita masih sulit menarik pengguna data kependudukan. Sehingga data yang ada jarang dimanfaatkan untuk seluruh proses kegiatan dalami pembangunan,’’ ujarnya saat dikonfirmasi Suara NTB, Selasa, 1 Oktober 2019 di Mataram.

Iklan

Untuk memaksimalkan hal tersebut, DPMPD Dukcapil NTB menggelar program Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi 40 orang petugas Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) dari masing-masing Kabupaten/Kota di NTB. Melalui Bimtek tersebut peserta diharapkan dapat memahami teknik penyusunan data kependudukan yang dapat menarik untuk digunakan oleh badan pemerintahan lainnya.

Persiapan pembukaan program Bimtek oleh Kepala DPMPD Dukcapil NTB, Dr. Ashari, SH. MH., terkait pemanfaatan data kependudukan
Persiapan pembukaan program Bimtek oleh Kepala DPMPD Dukcapil NTB, Dr. Ashari, SH. MH., terkait pemanfaatan data kependudukan

Menurut Panca, salah satu tujuan akhir dari Bimtek tersebut adalah menghadirkan informasi kependudukan yang mudah dipahami sehingga menarik untuk digunakan. ‘’Desain data penduduk ini masih dalam bentuk tabel-tabel biasa. Ke depan kita ingin ada dalam bentuk info grafis, yang 2D atau 3D misalnya supaya lebih menarik,’’ ujarnya.

DPMPD Dukcapil NTB, menargetkan kerjasama penggunaan data kependudukan dapat meningkat. Untuk tingkat provinsi, DPMPD Dukcapil mengharapkan pemakaian data kependudukan dapat membantu proses perencanaan di tingkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov NTB. Sedangkan untuk tingkat Kabupaten/Kota dapat digunakan oleh OPD lingkup pemerintah daerah maupun lembaga-lembaga lainnya.

‘’Kita inginnya membuat data penduduk ini data yang menarik. Sehingga orang mau melirik data ini kemudian mau dimanfaatkan untuk dilakukan kerjasama pemafaatan datanya,’’ ujar Panca. Dicontohkannya, seperti pemanfaatan data penduduk berupa jumlah balita untuk menyusun kegiatan seperti pemberian makanan tambahan. ‘’Itu akan tepat sasaran, sesuai dengan jumlah yang ada di profil data penduduk,’’ sambungnya.

Saat ini, DPMPD Dukcapil NTB memiliki data lengkap dan terbaru terkait informasi kependudukan. Dalam data tersebut terdapat 31 item yang dapat mengurangi pemborosan maupun kekurangan dalam perencanaan program pemerintah. Menurut Panca, data yang dimiliki Dukcapil saat ini telah cukup untuk mengakomodir kebutuhan informasi dari masing-masing OPD yang membutuhkan. (bay/*)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional