DPMPD Dukcapil NTB Gelar Bimtek Jamin Regenerasi Petugas

Kepala DPMPD Dukcapil NTB, Dr. Ashari, SH. MH. (tengah) memberikan pengarahan pada kegiatan Bimtek ADB, Jumat, 29 November 2019 (Suara NTB/bay)

Mataram (Suara NTB) –  Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Kependudukan dan Catatan Sipil (DPMPD Dukcapil) NTB menggelar kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) bagi petugas administrator database (ADB) yang bertugas di masing-masing kabupaten/kota. Hal tersebut ditujukan terutama untuk menjamin regenerasi di dalam pengelolaan sistem informasi dan administrasi kependudukan.

‘’ADB senior yang sudah lama akan promosi jabatan. Ini persiapan bagi teman-teman yang tadinya operator komputer, bisa menggantikan teman-teman yang sudah senior,’’ ujar Kepala DPMPD Dukcapil NTB, Dr. Ashari, SH. MH., Jumat, 29 November 2019 di Mataram.

Iklan

Untuk target jangka panjang, kegiatan tersebut ditujukan untku menjamin penjenjangan karir bagi aparat DPMPD Dukcapil. Sedangkan untuk jangka pendek hal tersebut diharapkan dapat memberikan pembangian beban kerja yang merata.

Diterangkan Ashari, selama ini tugas pokok dan fungsi untuk pengelolaan sistem informasi seringkali dibebankan hanya kepada ADB senior. Hal tersebut mengikuti peran ADB sebagai tenaga fungsional di masing-masing Kantor Dukcapil.

Pasalnya, hal tersebut perlu mengalami perubahan karena beberapa waktu belakangan DPMPD Dukcapil juga telah melakukan inovasi dengan membangun UPT Dukcapil di masing-masing kecamatan, seperti yang ada di Lombok Timur.

‘’Masyarakat bisa lebih terlayani di Kecamatan setempat. Kelemahannya, dengan itu dibutuhkan tenaga untuk mengelola sistem, melakukan maintenance dari jaringan ataupun perawatan-perawatan,’’ ujar Ashari.

Bimtek untuk ADB itu, disebut Ashari merupakan program rutin DPMPD Dukcapil NTB sejak dua tahun belakangan. Pesertanya adalah Dukcapil Kabupaten/kota yang masing-masing mengirimkan empat orang perwakilan.

‘’Ini kita persiakan jauh-jauh hari, supaya paling tidak mereka menguasai keterampilan dasar untuk maintenance sistem informasi administrasi kependudukan. Di samping itu, kedepannya pelayanan itu akan disebarluaskan hingga mencapai level desa,’’ ujarnya.

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, yaitu 28-30 November 2019 di Golden Palace Hotel Mataram. Ashari menyebutkan bahwa menjamin proses regenerasi petugas administrasi kependudukan adalah bagian dari tugas Dukcapil. ‘’Ini sudah banyak yang dipromosikan ke eselon-4. Secara aturan tidak bisa tenaga fungsional dijabat oleh jabatan struktural. Jadi salah satu tujuannya adalah regenerasi,’’ pungkasnya. (bay/*)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional