DP3A Dompu Bentuk Satgas PPA

Mohammad Fadilah. (Suara NTB/jun)

Dompu (Suara NTB) – Kekerasan terhadap perempuan dan anak di Dompu, masih cukup marak terjadi. Selama kurun waktu Januari-Juni 2020 ini saja, sudah ditemukan puluhan kasus. Baik pelecehan seksual, pencabulan, penganiayaan maupun berbagai kejahatan lain yang melibatkan anak sebagai pelaku atau korban.

Menyikapi kondisi itu Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlidungan Anak (DP3A) Dompu, kini membentuk Satgas PPA dengan sasaran awal di 10 Desa/Kelurahan. “Awalnya ini baru 10 desa, nanti semuanya Insya Allah kita rancang untuk pembentukan Satgas PPA,” ungkap Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak DP3A Dompu, Mohammad Fadilah, SH., M. Si., ketika dikonfirmasi wartawan, Senin, 22 Juni 2020.

Iklan

Satgas PPA sangaja dibentuk sebagai salah satu upaya dalam meminimalisir kejahatan yang menimpa perempuan dan anak dibawah umur, termasuk menekan jumlah mereka yang akhirnya berurusan dengan hukum. Apakah karena menjadi pelaku atau korban pencabulan, pelecehan seksual maupun penganiayaan.

Prinsipnya, lanjut Mohammad Fadilah, satuan tugas yang akan diisi Babinsa, Babinkamtibmas serta perangkat desa dan berbagai elemen terakait ini bertanggungjawab menanggulangi setiap persoalan anak yang muncul, termasuk dalam hal penyelesaiannya di lapangan. “Biar ditingkat desa bisa ditangani, tidak langsung ke polisi. Karena inikan anak, mereka ada undang-undang khusus yang mengatur,” jelasnya.

Disinggung sumber anggaran operasional Satgas PPA tersebut, ia menegaskan, selain dari DP3A besar harapannya agar pemerintah Desa/Kelurahan turut andil dengan mengalokasikan dana DD/ADD-nya. Karena bagaimanapun masalah yang dihadapi ini menjadi tanggungjawab bersama.

Untuk puluhan Desa/Kelurahan lain yang masih belum terbentuk, akan diupayakan pihaknya tahun ini. Sehingga dapat dipastikan setiap persoalan yang muncul tertanggulangi secara maksimal. “Selain penanganan kasus yang difokuskan satga ini nanti pencegahannya,” tandas dia. (jun)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional