Dorong Pemakaian Energi Bersih, PLN Ajak Masyarakat Gunakan Kompor Induksi

Penggunaan kompor induksi

Mataram (Suara NTB) -Dengan semangat “PLN for a Better Life”, PLN terus memelopori gerakan electrifying lifestyle, salah satunya dengan penggunaan kompor induksi di masyarakat. Irawan, pemilik Seco Coffee di Selong, Lombok Timur mengungkapkan bawah penggunaan kompor induksi ternyata lebih nyaman dan aman.
“Semula kami kira kompor listrik barang yang menakutkan, tapi ternyata kompor ini sangat canggih, masaknya cepat dan aroma kopinya tetap wangi, ” kata Irawan.

Hal senada disampaikan oleh Galih, salah seorang warga di Jempong, Mataram. Dirinya menilai penggunaan kompor induksi lebih fleksibel, bersih dan ramah lingkungan.
“Setelah kami coba, memasak dengan kompor induksi ternyata lebih hemat. Untuk yang 1600 Watt, dalam 1 jam cuma habis 1 kwh, biayanya Cuma Rp 1.467. Murah,” imbuh Galih.

Iklan

Senada dengan Irawan dan Galih, Dian Ares, seorang ibu rumah tangga yang memiliki bayi usia 11 bulan menuturkan pengalamannya menggunakan kompor induksi. Menurut Dian, penggunaan kompor induksi ternyata sangat aman dan tidak serumit yang ia bayangkan. Hal lainnya, Dian hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja untuk membiasakan diri beralih dari penggunaan kompor konvensional ke kompor induksi.
“Di tengah kesibukan saya menyiapkan keperluan bayi, terutama di pagi hari, saya masih bisa memasak sambil menjaga bayi karena kompor induksi tidak mengeluarkan api. Jadi sangat aman dan mudah dalam penggunaannya” ujar Dian.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB, Lasiran menegaskan bahwa PLN terus berkomitmen untuk mendorong penggunaan kompor induksi di masyarakat.
“Kenapa kompor induksi? Karena memang kompor induksi bisa jauh lebih hemat, aman dan juga efisien. Maka dari itu, kami ingin masyarakat mencoba dan merasakan kelebihannya,” ucap Lasiran.

Lasiran juga menuturkan bahwa untuk saat ini, di NTB penggunaan kompor induksi masih sangat sedikit. Hal ini tentunya tak lepas dari kurangnya informasi yang diterima masyarakat tentang keunggulan kompor induksi.
“Saat ini, kami memiliki program showcase yang akan tersebar di beberapa lokasi. Kami harapkan semakin banyak masyarakat yang tau, dan akan semakin banyak yang akan beralih ke kompor induksi”, tutup Lasiran.(bul)