Dorong Ekpsor NTB, Garuda Siapkan Layanan Pengiriman Logistik Khusus Produk Lokal

Ida Ayu Wayan Sri Gotami (Suara NTB/kir)

Praya (Suara NTB) – Sebagai maskapai penerbangan milik pemerintah, Garuda Indonesia berkomitmen untuk membantu pengembangan dan perluasan pasar bagi produk-produk lokal daerah, tidak terkecuali produk NTB. Baik untuk pasar domestik, utamanya lagi pasar ekspor atau internasional.

Salah satu bentuk dukungan Garuda Indonesia yakni dengan menyiapkan fasilitas layanan pengiriman logistik khusus untuk ekspor produk lokal daerah ini.

Iklan

Hal itu diungkapkan General Manager Garuda Indonesia NTB, Ida Ayu Wayan Sri Gotami, kepada Suara NTB, Kamis, 10 Juni 2021. Ditemui usai bertemu dengan Gubernur NTB di VIP Room Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid (BIZAM), Gotami mengatakan, saat ini banyak produk-produk atau komoditi di daerah ini yang layak untuk di ekspor. Namun sering kali terkendala pengiriman dan pasar tujuan.

Ia menjelaskan, selama ini produk-produk asal NTB yang di ekspor ke luar negeri biasanya dikirim dulu lewat Bali ataupun Jakarta. Baru kemudian dikirim ke negara tujuannya. Sehingga nilai ekspor NTB tidak nampak. “Tapi dengan layanan pengiriman logistik ini hal itu tidak perlu terjadi lagi. Jadi produk asal NTB sekarang bisa diekspor langsung ke luar negeri dari Lombok,” terangnya.

Memang ketika proses pengiriman produk dilakukan, tetap harus dikirim terlebih dahulu ke Bali atau Jakarta. Sebelum kemudian dikirim ke negara tujuan. Karena memang Garuda sendiri belum membuka rute penerbangan internasional dari Lombok. Namun produk tersebut sudah tercatat sebagai ekspor asal NTB. Karena persyaratan administrasinya sudah diselesaikan di Lombok.

Dari sisi biaya, dengan fasilitas kargo tersebut biaya pengiriman akan jauh lebih murah. Karena biaya pengiriman sudah terhitung sampai negara tujuan. ‘’Jadi bagi pelaku usaha yang hendak mengirim atau mengekspor produknya keluar negeri sekarang sudah bisa meminta layanan khusus ini,’’ jelasnya.

Dalam hal ini, pihaknya sudah membangun komunikasi dengan stakeholder terkait. Mulai dari Bea Cukai, Balai Karantina maupun Dinas Perdagangan, untuk mendukung layanan pengiriman bagi produk-produk ekspor asal NTB tersebut.

Memang saat ini space kargo yang disiapkan oleh pihak Garuda untuk layanan tersebut masih terbatas. Tapi tidak menutup kemungkinan ke depan pihak Garuda bakal menambah space yang ada. Bahkan bisa saja menyiapkan pesawat kargo khusus untuk melayani pengiriman produk NTB ke luar negeri. Jika memang kapasitas produk yang harus dikirim dalam jumlah besar.

‘’Khusus untuk pengiriman logistik domestik, kita juga support. Ada namanya produk ‘KirimAja’ yang (biaya pengirimannya) bisa diskon sampai 50 persen,” tambah Gotami. Layanan ini diharapkan bisa membantu para pelaku UKM di daerah ini. Untuk bisa merambah pasar domestik. (kir)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional