Dorong Dr. Zul Maju Pilgub, TGB Dinilai Lihat Kapasitas

Mataram (suarantb.com) – Pemerhati Politik Universitas Muhammadiyah Mataram, H. Muhammad Ali, M.Si menilai pernyataan Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi yang mendorong anggota Komisi XI DPR RI yang juga putra Sumbawa, Dr. Zulkieflimansyah maju dalam Pilgub 2018 mendatang bukanlah tidak berdasar. Dorongan tokoh dari yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) itu dinilai karena melihat kapasitas Zulkieflimansyah.

“Kalau saya melihat pernyataan beliau mungkin menurut kacamatanya dia, yang cocok memimpin. Bukan soal etnisitas atau geopolitik, hanya menurut dia itu,  ini pas,” kata Ali ketika dikonfirmasi suarantb.com, Selasa, 19 Juli 2016.

Menurutnya hal tersebut lumrah dikatakan oleh  seorang gubernur yang sebentar lagi akan berakhir masa jabatannya. Ali mengatakan, bisa saja hal tersebut dikatakan TGB karena menganggap putra-putra terbaik Sumbawa yang kini muncul memang memiliki kapasitas untuk didukung.

Lantas apakah ada pengaruh pernyataan Gubernur tersebut dalam arah politik NTB? Ali  menegaskan untuk menilai itu tak cukup dengan mengajukan satu indikator, seperti pernyataan dukungan. Menurutnya, banyak faktor yang menjadi penentu dalam hal meraih hati masyarakat.

Pernyataan TGB tersebut bukan jaminan berubahnya arah konstalasi politik di NTB. Terkait siapa calon yang memiliki peluang besar untuk maju dalam Pilgub mendatang, Ali mengatakan peluang bagi tokoh-tokoh atau figur-figur lainnya masih terbuka lebar. (ast)