Donasi Dana Dari Prancis, Bupati Puji Peran Klub Baca Perempuan

Bupati KLU H. Djohan Sjamsu melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung Klub Baca Perempuan. (Suara NTB/ist)

Tanjung (Suara NTB) – Bupati Kabupaten Lombok Utara (KLU), H. Djohan Sjamsu, SH., meminta akses jalan yang menuju Klub Baca Perempuan sekaligus Sekolah PAUD Alam Anak Negeri diatensi oleh OPD. Hal itu disampaikan Bupati mengingat peran klub baca membantu pemerintah meningkatkan kualitas sumber daya manusia bagi calon penerus bangsa masa depan.

“Lokasi pendirian gedung Klub Baca Perempuan representatif dengan kondisi alam yang terbuka. Namun demikian, akses jalan menuju lokasi perlu menjadi perhatian Pemda KLU,” ujarnya, saat menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Gedung Klub Baca Perempuan yang didirikan Nursida Syam, Senin, 7 Juni 2021.

Iklan

Bupati berterima kasih banyak lembaga mitra pemerintah yang memberi kontribusi penting bagi perbaikan kualias SDM generasi masa depan. Ia optimis, Klub Baca Perempuan akan semakin berkembang dan mendapat kepercayaan donatur asal Prancis yang disalurkan melalui pemerintah pusat.

“Saya hadir di sini senada dengan yang saya lakukan hari ini. Anak belajar interaksi dengan alam sebagai anak negeri yang disponsori oleh Lembaga Klub Baca Perempuan maka kepadanya, saya berterima kasih sebagai kepala daerah,” sambung Djohan.

Bupati menyampaikan harapan, bahwa ke depan akan tumbuh lebih banyak gerakan membaca, gerakan sekolah yang diinisiasi masyarakat. Mengawali sebagai bupati pertama KLU  hingga periode keduanya saat ini, Djohan tetap berharap standar pelayanan minimal sekolah PAUD terpenuhi, yakni satu dusun satu PAUD.

Dengan adanya Klub Baca Perempuan dan Sekolah PAUD Alam Anak Negeri, baginya, memberi referensi terciptanya nuansa sekolah yang menyenangkan bagi siswa. Anak-anak usia dini juga dapat belajar untuk menyatu dengan alam, serta dapat diajarkan kepekaan untuk menjaga lingkungan.

“Kami mengucapkan terima kasih atas inisiasi dan partisipasi mendirikan gedung TK PAUD Anak Negeri untuk geliat membaca karena adanya fenomena kurangnya minat baca,” ucapnya lagi.

Di sisi lain, Djohan menyadari keterbatasan pemerintah untuk mendukung penuh upaya kelompok-kelompok masyarakat pada berbagai sektor. Namun, bupati berharap ke depannya dapat mengimbangi gerakan masyarakat melalui dukungan fasilitas yang memadai. Pihaknya optimis sedikit demi sedikit permasalahan daerah akan bisa dibenahi dan dibangun, sehingga tercipta keselarasan pembangunan sektor swasta dan pemerintah untuk memajukan masyarakat.

Di saat bersamaan, Pimpinan Klub Baca Perempuan, Nursida Syam, berterima kasih atas kehadiran bupati dan jajaran. Tidak hanya pelatakan batu pertama, Nursida Syam juga berharap saat peresmian nanti, Pemerintah dapat hadir memberi motivasi anak-anak PAUD, masyarakat serta pengurus Klub Baca Perempuan.

“Usia Klub Baca Perempuan memasuki 14 tahun. Gedung ini sumbangsih atau tali kasih dari salah seorang kawan jauh dari Prancis. Dia saudara kami, sahabat kami Kakanda Irwan,” kata Nursida. “Beliaulah yang kemudian mendatangkan rezeki besar untuk Klub Baca Perempuan. Kami juga berharap ini menjadi aset bersama untuk Lombok Utara ke depannya,” sambungnya lagi. (ari)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional