Puluhan Rumah di Nangakara Rusak Diterjang Angin

0
7
Tampak rumah warga rusak akibat dilanda angin puting beliung di Desa Nangakara, Minggu (9/2). (Suara NTB/BPBD)

Dompu (Suara NTB) – Bencana angin puting beliung kembali terjadi di Dompu. Kali ini, Minggu, 9 Februari 2020 Pukul 15.00 Wita menimpa puluhan rumah warga di Desa Nangakara Kecamatan Pekat. Beruntung tak ada korban jiwa atau luka-luka dalam peristiwa tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Dompu, M Jufri, ST. M.Si., dikonfirmasi Suara NTB via telepon membenarkan adanya bencana angin puting beliung itu.

Sementara tim siaga belum digeser ke lokasi kejadian karena menunggu laporan resmi dari pemerintah desa dan kecamatan. Terkait jumlah kepala keluarga terdampak. “Saat ini saya lagi menunggu konfirmasi dari Camat Pekat, berapa kepala keluarga terdampak supaya besok pagi kami berikan bantuan darurat,” ungkapnya.

Sembari menunggu laporan resmi dari pemerintah desa dan kecamatan terkait dampak bencana tahunan tersebut, tim reaksi cepat sudah disiagakan pihaknya di posko utama.

Jika memang situasi mengharuskan berangkat sore atau malam ini (kemarin), tim akan langsung digeser berikut sarana prasarana penunjang. Namun ketika sebaliknya, lanjut M Jufri, pagi ini baru akan diturunkan sekaligus menyerahkan bantuan penanggulangan awal. “Untuk data awal ini ada puluhan rumah yang terdampak, terutama merusak bagian atap,” ujarnya.

Tak ada korban jiwa atau luka-luka akibat bencana alam angin puting beliung ini. Namun mengingat status siaga bencana di wilayah ini berlangsung hingga Maret, warga diminta tetap menaruh kewaspadaan. Terlebih memastikan diri tidak panik menghadapi bencana alam baik banjir, tanah longsor maupun angina putting beliung. “Kami mengharapkan kepada seluruh masyarakat tidak usah terlalu panik tapi tetap siap siaga. Karena cuaca ekstrim ini berdasarkan data BMKG di bulan dua dan tiga,” pungkasnya. (jun)

  Surat Suara untuk DPR RI di Dompu Kurang 10.969 Lembar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here