Mahasiswa Dompu Penerima Beasiswa NTB Terpilih Jadi Ketua PPI UUM Malaysia

Nazmul Watan (paling kanan), bersama rekan-rekannya. (Suara NTB/ist)

Dompu (Suara NTB) – Nazmul Watan, S.Pd, penerima beasiswa NTB ke Malaysia gelombang pertama asal Desa Bara Dompu terpilih sebagai Ketua Forum Postgraduate Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Universiti Utara Malaysia periode 2019 – 2020. PPI UUM yang merupakan organisasi resmi di bawah KJRI Penang Malaysia menjadi forum komunikasi dan forum belajar seluruh mahasiswa postgraduate Indonesia di UUM.

Sekitar 300 mahasiswa postgraduate baik yang kuliah by coursework dan by research dan jumlah mahasiswa Indonesia di UUM ini lebih dari 700 orang termasuk degree. Nazmul Watan sendiri merupakan master of science (Educational Management) dan baru berada di Malaysia sejak awal Oktober 2019 lalu.

“InsyaAllah kita mau adakan international conference, khusus mahasiswa Indonesia di Malaysia,” katanya melalui WhatsApp, Rabu,  11 Desember 2019.

Terpilihnya Nazmul Watan melalui rapat Dewan Pertimbangan FPPU yang diselenggarakan di kompleks taman Universiti Utara Malasyia Selasa,  10 Desember 2019 waktu Malaysia, diharapkan semakin mengenalkan Kabupaten Dompu dan NTB di kancah Internasional. Karena ia akan lebih banyak berkiprah di tengah komunitas mahasiswa Indonesia di Malaysia dan mahasiswa dari berbagai negara di Universiti Utara Malaysia.

Sebagai langkah awal setelah terpilih, Nazmul mengaku akan melakukan kunjungan ke dosen – dosen Indonesia di UUM, berkunjung ke KJRI Penang, dan KBRI Malaysia. Ada empat orang dosen dari Indonesia yang mengajar di UUM dan mereka akan dijadikan sebagai dewan penasehat PPI UUM. “InsyaAllah kalau tidak ada halangan, kami akan bersilaturahmi dengan dosen – dosen asli Indonesia, KJRI Penang, dan KBRI di Malaysia,” ungkap Nazmul. (ula)