Jambore Kader Posyandu, Bupati Beri Apresiasi Kinerja Kader Wujudkan Dompu Sehat

Bupati Dompu, H. Bambang M. Yasin pada acara penutupan Jambore Kader Posyandu di Mbuju Kilo usai upacara Hari Kesehatan Nasional ke-55, Sabtu, 1 Desember 2019. (Suara NTB/Humas Pemda Dompu)

Dompu (Suara NTB) – Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin memberikan apresiasinya kepada kader Posyandu dan jajaran kesehatan di Kabupaten Dompu yang telah berupaya mewujudkan Kabupaten Dompu sehat. Revitalisasi Posyandu melalui Posyandu Keluarga yang diterapkan di Dompu berhasil menekan kasus stunting, penyakit berbasis lingkungan melalui program jimpitan sampah, dan upaya preventif penyakit lainnya.

Hal itu disampaikan H. Bambang M. Yasin saat menutup kegiatan Jambore Kader Posyandu di area pelabuhan Nusantara Kilo usai upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang dirangkaikan dengan upacara hari ulang tahun Korpri dan hari Guru Nasional tingkat Kabupaten Dompu, Sabtu, 1 Desember 2019.

Kegiatan Jambore Kader Posyandu yang dilaksanakan bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional (HKN) tingkat Kabupaten Dompu merupakan upaya menyamakan persepsi dan semangat membangun kesehatan. Terlebih kader Posyandu yang berhubungan langsung dengan masyarakat bersama petugas kesehatan di Puskesmas, memiliki peranan strategis dalam mewujudkan Dompu yang sehat.

Baca juga:  Sukseskan Program Kesehatan Nasional dengan Revitalisasi Posyandu

Posyandu kini menjadi garda terdepan mendeteksi penyakit masyarakat dan masalah – masalah sosial. Bila masalahnya ditangani, maka dapat mencegah membesarnya masalah dan ini bagian dari upaya preventif pencegahan yang efektif. Karenanya, peran dan fungsi Posyandu ini akan tetap menjadi perhatian pihaknya. Apalagi saat ini, dengan Posyandu keluarga dan program jimpitan sampah yang diprogramkan Dinas Kesehatan Dompu telah memberikan dampak luas bagi kemajuan masyarakat.

“Semangat membangun masyarakat yang sehat ini harus terus dijaga untuk kemajuan Dompu,” kata H Bambang.

Jambore kader Posyandu yang diikuti oleh kader – kader Posyandu se Kabupaten Dompu di lokasi rencana pembangunan pelabuhan Nusantara Desa Mbuju Kecamatan Kilo ini berlangsung pada Jumat dan Sabtu (29-30/11). Berbagai kegiatan dilakukan diantaranya lomba cerdas cermat, lomba penyuluhan kesehatan, dan lomba yel – yel. Yang juara pada lomba ini langsung dibagikan hadiahnya usai upacara HKN, tidak jauh dari arena kemah jambore kader Posyandu.

Baca juga:  Sukseskan Program Kesehatan Nasional dengan Revitalisasi Posyandu

Sementara pada upacara HKN ke 55, Bupati Dompu membacakan sambutan Mentri Kesehatan RI, Dr dr H Terawang Agus Putranto. Ia menyampaikan berbagai keberhasilan pembangunan kesehatan diraih selama 5 tahun sebelumnya ditandai dengan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), salah satu aspeknya soal usia harapan hidup. Di dalamnya terkait menurunnya angka kematian ibu dan anak, menurunnya angka stunting, meningkatnya cakupan imunisasi serta berhasilnya pencegahan penyakit menular. Tapi masalah stunting masih menjadi permasalahan serius di masyarakat kendati sudah berhasil diturunkan hampir 10 persen selama 5 tahun sebelumnya.

Generasi sehat yang unggul diharapkan dapat menjadi SDM unggul mengisi 100 tahun Indonesia Merdeka pada tahun 2045 akan datang bertepatan dengan bonus demografi untuk mengantarkan Indonesia, negara yang adil makmur dan sejahtera. (ula/*)