Tanpa Rekomendasi Desa, Disnakertrans Dompu Tolak Pengurusan Berkas Pemberangkatan TKI

Ilustrasi (Pengurusan TKI)/ist

Dompu (Suara NTB) – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Dompu, tak segan-segan menolak pengurusan berkas pemberangkatan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang tidak melengkapi diri dengan rekomendasi desa. Selain karena hal itu diamanatkan undang-undang, juga bagian dari upaya mereka menekan pemberangkatan TKI ilegal.

Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnakertrans Dompu, M. Nursalam kepada Suara NTB mengatakan, penyertaan rekomendasi desa tersebut penting sebagai salah satu upaya meminimalisir munculnya persoalan di kemudian hari. Imbas dari keberangkatan mereka yang tidak memenuhi prosedur.

“Kalau tidak ada rekomendasi dari desa kami tidak akan mengurus dokumen TKI keluar negeri. Itu sesuai undang-undang nomor 18 tahun 2017 masalah pekerja migran Indonesia,” kata dia.

Sejauh penerapan anturan tersebut diperketat setahun terakhir, para sponsor cukup kesulitan merekrut tenaga kerja di wilayah ini. Khususnya untuk pemberangkatan secara ilegal.

Namun demikian, informasi yang berkembang ternyata banyak dari sponsor-sponsor itu yang mengurus dokumen TKI asal Dompu di luar daerah dengan alasan masih kurang ketat penerapan aturannya. “Seperti misalnya di Bima, itu informasi yang kami dengar. Kalau seandainya aturan itu dilaksanakan dengan ketat pasti kecil kemungkinan ada TKI yang berangkat ilegal,” jelasnya.

Disamping sebagai upaya menekan pemberangkatan TKI ilegal. Menurut M. Nursalam, keberadaan rekomendasi desa bisa menjadi rujukan pihaknya bahwa TKI tersebut memang layak untuk diberangkatkan. Karena merekalah yang lebih mengatahui latar belakang keluarga, pendidikan dan dokumen kependudukan warga desa.

 “Kita di Disnakertrans selama ini kan tidak tahu apakah TKI itu betul-betul dari desa tersebut atau tidak. Tapi dengan diwajibkannya rekomendasi tersebut selain desa juga mengetahui warganya keluar negeri, bisa juga jadi bahan pertimbangan kami dalam pemberangkatan,” pungkasnya. (jun)