Dukcapil Dompu Tetap Buka Layanan Pembuatan KTP di Hari Pencoblosan

Warga Dompu padati ruang layanan data kependudukan di kantor Dinas Dukcapil Dompu, Selula, 16 April 2019. (Suara NTB/ula)

Dompu (Suara NTB) – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dompu tetap membuka layanan pencetakan KTP elektronik hingga hari pencoblosan dilakukan. Layanan dilakukan untuk menjamin hak pilih warga dapat digunakan pada Pemilu 17 April 2019 ini.

Sekretaris Dinas Dukcapil Dompu, Drs. Abdul Najib kepada Suara NTB, Selasa, 16 April 2019  mengaku sejak 1 April 2019 lalu pihaknya memberikan layanan bagi warga yang hendak mencetak KTP elektronik hingga malam hari. Pada hari pencoblosan juga tetap dibuka layanan, karena dikhawatirkan ada pemilih pemula yang hendak mencetak KTP.

Baca juga:  Komposisi Senator dari NTB Berpeluang Berubah Total

“Kita prioritaskan pemilih pemula atau mereka yang akan menggunakan hak pilihnya. Kalau yang perbaikan data, (ditunda) kan masih bisa dipakai untuk milih,” terang Najib.

Layanan hingga malam hari, kata Najib sesuai instruksi Dirjen Dukcapil. Ribuan KTP sudah tercetak sejak layanan khusus ini dilakukan. “Yang paling banyak itu dua malam terakhir ini,” kata Najib.

Pihaknya juga melakukan sistem jemput bola dengan mendatangi Desa dan terakhir di Desa Lune Kecamatan Huu pada Sabtu, 13 April 2019 melakukan perekaman dan pencetakan KTP. “Ada 65 pemilih pemula yang kita cetak di Lune kemarin,” ungkapnya.

Baca juga:  Terindikasi Penggelembungan Suara, Tiga Kotak Suara di Lobar Dihitung Ulang

Bahkan Najib mengaku, ribon untuk tinta pencetakan KTP elektronik milik Dinas Dukcapil Dompu kehabisan akibat banyaknya layanan pencetakan KTP-el. Tapi pada Senin, 15 April 2019 mendapat pinjaman 2 ribon dari Sumbawa. “Kita masih dilakukan pengadaan 70 ribon tahun 2019 ini,” ungkapnya. (ula)