Peringati HUT Dompu ke-204, Panitia Gelar Lomba Baca Bagi Siswa SD

Bupati Dompu, H. Bambang M. Yasin saat memberikan sambutan dan membuka lomba membaca dan memahami bacaan di aula Dinas Dikpora Dompu, Senin, 8 April 2019. (Suara NTB/Humas Pemda Dompu)

Dompu (Suara NTB) – Panitia peringatan Hari Jadi Dompu ke-204 menggelar lomba baca bagi siswa SD/MI tingkat Kabupaten Dompu. Lomba ini dikhususkan bagi siswa kelas 1 – 3 SD/MI untuk memotivasi anak – anak lancar membaca dan memahami bacaannya.

Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin mengungkapkan, membaca merupakan pelajaran utama yang harus tuntas pada anak – anak kelas 1 – 3 SD/MI. Bila pada masa ini, siswa belum bisa membaca akan menemui kendala ketika berada di jenjang kelas 5 – 6-nya. “Ketika membaca belum bisa di kelas 1, 2 dan 3, anak akan menemui kesulitan belajar di kelas 5 dan 6. Guru pun akan sulit memberikan bahan ajar, makanya di kelas 1 sampai kelas 3 ini, anak – anak harus bisa membaca,” katanya.

Ia pun berjanji akan menampilkan anak – anak yang juara pada lomba membaca dan memahami bacaan ini di forum yang menghadirkan orang banyak di Dompu. Selain melatih anak untuk tampil, juga memberi motivasi bagi anak dan bisa ditiru oleh anak – anak lainnya. “Membaca dan menulis ini harus menjadi perhatian bapak – ibu guru di sekolah,” harap H Bambang.

Saat membuka acara lomba membaca dan memahami bacaan untuk siswa kelas 1 – 3 SD/MI di aula Dinas Dikpora, Senin, 8 April 2019 kemarin, Bupati langsung mengetes cara anak – anak membaca buku cerita di depan rekan – rekannya. Ia pun memberikan motivasi bagi anak – anak dan guru untuk terus belajar, sehingga bisa menjadi pembaca dan penyimak yang baik dan benar. “Membaca itu pintu bagi segala ilmu pengetahuan,” ungkapnya.

Lomba ini didorong Bupati Dompu untuk memotivasi anak – anak Dompu untuk bisa membaca dan memahami bacaannya. Terlebih masih banyak anak – anak usia SD di kelas 1 – 3 yang belum bisa membaca dan memahami bacaannya. Kondisi ini dikhawatirkan pada masa depan anak – anak untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi. Guru pun diminta untuk banyak membaca, sehingga bisa menjadi pengajar yang menyenangkan bagi anak – anak.

Lomba membaca dan memahami bacaan ini merupakan bagian dari kegiatan peringatan Hari Jadi Dompu ke 204. Selain Bupati Dompu, pembukaan lomba ini dihadiri juga oleh Kepala Dinas Dikpora Dompu, H Ikhtiar, SH., Kepala Dinas Pariwisata dan Kearsipan Daerah Kabupaten Dompu, Rohyani, SH., Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Dompu, A Khalik, BA., Kabag Humas Setda Dompu, Muhammad Ikhsan, SST, MM dan sejumlah pejabat lainnya. (ula/*)