Dunia Menyapa Tambora

Gunung Tambora (Suara NTB/aan)

Dompu (Suara NTB) – Festival Pesona Tambora (FPT) tahun 2019 kembali digelar. FPT tahun ini merupakan yang ke lima kalinya.  Puncak FPT tahun ini digelar Kamis, 11 April 2019. FPT adalah event nasional yang anggarannya bersumber dari Kementerian Pariwisata RI menggandeng Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi NTB dan Dispar seluruh Kabupten/Kota se- Pulau Sumbawa.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) NTB, H. Lalu Moh Faozal, S.Sos,M.Si menjelaskan, event FPT yang masuk dalam 100 kalender event Wonderful Indonesia ini dalam rangka memperingati peristiwa meletusnya Gunung Tambora pada 11 April 1815. Di mana letusan dahsyat Tambora tersebut hingga sampai ke Benua Eropa. Menurut Kadispar, bulan April ini dunia akan menyapa Gunung Tambora.

Tema besarnya adalah Dunia Menyapa Tambora. ‘’Jadi bukan Tambora Menyapa Dunia tapi Dunia Menyapa Tambora, karena wonderful event,’’ Faozal menegaskan.

Rangkaian event FPT dijelaskan Faozal,  sudah mulai digelar sejak Maret 2019 yang lalu. Kegiatan dimulai dengan sepeda santai pada 31 Maret 2019. Kemudian 3 April telah digelar Pawai Budaya. Selanjutnya 4-10 April digelar Pacuan Kuda. Pada 5 April telah berlangsung kegiatan Ngaha Kawiri. Kemudian pada 8 April telah berlangsung Trail Adventure. Selanjutnya pada 9-10 April digelar Hiburan Rakyat. Pada 19-21 April akan berlangsung Fashion Show, Gelar Seni dan Kopi Tambora.

Baca juga:  Samota Dapat Kucuran Dana Rp600 Miliar

Selain kegiatan-kegiatan yang sudah disebutkan tadi, dalam waktu yang bersamaan juga, banyak rangkaian kegiatan yang dilaksanakan. Seperti pemecahan Rekor Muri Jagung Rebus terbanyak dilaksanakan pada saat Parade Budaya, tanggal 3 April 2019.

Kemudian Semalam Dalam Loka merupakan rangkaian kegiatan Festival Tambora yang dilaksanakan pada tanggal 2-3 April 2019. Dalam acara tersebut, digelar Pentas Seni Tradisional, Pameran Ekonomi Kreatif dan Kreatif Dialog.

Kegiatan Mantar Festival dilaksanakan di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) pada tanggal 6-7 April 2019. Dalam acara tersebut, terdiri dari Tour Kenawa – Mantar, serta atraksi budaya di Mantar.

Ada juga digelar Lawata Festival dilaksanakan di Kota Bima pada tanggal 6-8 April 2019. Dalam acara tersebut, terdiri dari Atraksi Budaya, Lomba Perahu Hias dan Lomba Masak Ikan serta olahraga ekstrem yaitu Triathlon.

Selanjutnya ada event Teka Tambora dilaksanakan di Kabupaten Bima pada tanggal 7-11 April 2019. Teka Tambora berarti pendakian Gunung Tambora yang dirangkai dengan berbagai kegiatan seperti Bima Bike Tour, Parade Kapal Layar, Pameran Ekonomi Kreatif & Sangrai Kopi Tambora dan lainnya.

Baca juga:  Samota Dapat Kucuran Dana Rp600 Miliar

Kemudian Festival Geopark Tambora I dilaksanakan di Kabupaten Bima & Dompu pada tanggal 8-11 April 2019. Kegiatan ini bertujuan untuk memberi edukasi terkait geopark dan Geopark Tambora.

Ta m a n Na s i o n a l G u n u n g Tambora (TNGT) turut berpartisipasi dalam memeriahkan Festival Tambora 2019. Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 2 s/d 30 April 2019. Kegiatan berpusat di Gunung Tambora.

FPT juga dimeriahkan dengan agenda Lanud ZAM Tambora Golf Tournament. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Festival Tambora yang dilaksanakan pada tanggal 6-7 April 2019 di dua tempat yaitu di GEC Rinjani Golf, Lombok Barat dan Lombok Golf Kosaido Country, Lombok Utara.

Selanjutnya Tambora Color Run merupakan rangkaian kegiatan FPT yang dilaksanakan pada hari Minggu 7 April 2019. Start dan finish berlokasi di Kantor Bupati Dompu.  ‘’Selanjutnya, puncak Festival Tambora dilaksanakan di Doro Ncaga, Kabupaten Dompu pada Kamis, 11 April 2019,’’ demikian Faozal. (*)