Dompu Masih Andalkan Pasokan Ikan Nila dari Lombok

Salah seorang pedagang di Pasar Wodi saat melayani pelanggan ikan Nila, Senin,  28 Januari 2019. (Suara NTB/jun)

Dompu (Suara NTB) – Program pengembangan budidaya ikan Nila di Dompu rupanya belum berpengaruh signifikan, terutama dalam hal pemenuhan kebutuhan pasar. Pedagang sampai saat ini masih mengandalkan pasokan ikan Nila dari Pulau Lombok.

Salah seorang pedagang di Pasar Wodi, Jubaida kepada Suara NTB, Senin,  28 Januari 2019  mengungkapkan, alasan mendasarnya masih bertahan menerima pasokan ikan Nila dari Lombok tidak lain karena kualitas dan bobot ikannya yang sesuai kebutuhan pelanggan, apakah itu pengusaha lalapan atau masyarakat umum. “Kalau ikan Nila dari sini jarang ada yang besar jadi sulit kita bisa dapat keuntungan kalau dijual,” kata dia.

Kalaupun ada, lanjut dia, jumlahnya tidak bisa menjawab tingkat kebutuhan pasar yang kini lumayan besar, terlebih masa panen pembudidaya lokal juga sangat tidak menentu. Berbeda halnya dengan ikan Nila yang dipasok pengepul dari Lombok, yang mana hampir tiap hari bisa dijumpai

ratusan kilogram diturunkan di Pasar Wodi.

Terkadang sejumlah pedagang pun harus berebut untuk bisa mendapat jatah pasokan ikan yang masuk. “Kalau tidak cepat kadang ndak dapat kita jualan, berbeda dengan ikan Bandeng kebanyakan dari Tambak Mumbu,” ujarnya.

Disinggung keuntungan dari penjualan ikan Nila, Jubaida mengaku sangat bervariasi. Dengan harga Rp40-Rp50 ribu/Kg ia bisa meraup untung Rp8-Rp12 ribu dalam 1 Kg-nya. Itu belum termasuk keuntungan pada penjualan ikan dengan bobot tertentu per ekornya.

Hal serupa juga diakui pedagang lain, Maani. Hanya saja ia dalam beberapa hari terakhir tidak lagi mengambil ikan Nila dalam jumlah yang besar, sebab masih disibukan untuk mengurus lahan tanaman jagungnya.

Sementara itu, Kabid Budidaya Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Dompu, Abdurrazak yang berusaha dikonfirmasi terkait kendala pengembangan ikan Nila diwilayah ini, saat dihubungi via telefon masih belum bisa tersambung. (jun)