Lima Warga Dompu Dapat Beasiswa Penuh dari PT SMS

Kharis Setiawan selaku Direktur PT SMS (kanan) bersama anggota Muspika Kecamatan Pekat dan Kepala Desa Doropeti foto bersama dengan penerima beasiswa melanjutkan kuliah D3 di LPP Politeknik Perkebunan Yogyakarta tahun 2018/2019, Senin, 10 September 2018 lalu. (Suara NTB/ist)

Dompu (Suara NTB) – PT Sukses Mantap Sejahtera (SMS) kembali memberikan beasiswa melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi bagi 5 warga Dompu Nusa Tenggara Barat (NTB) tahun 2018. Ini merupakan beasiswa gelombang kedua diberikan PT SMS ke warga Dompu dan semua biaya ditanggung perusahaan hingga selesai studi di program D3 LPP Politeknik Perkebunan Yogyakarta.

Penyerahan beasiswa kepada 5 mahasiswa dilangsungkan di aula PT SMS Desa Doropeti Kecamatan Pekat Dompu, Senin, 10 September 2018. Direktur PT SMS, Kharis Setiawan langsung menyerahkan beasiswa kepada 5 warga Dompu yang disaksikan oleh jajaran Muspika Kecamatan Pekat, Kepala Desa Doropeti, jajaran Direksi perusahaan, sekolah asal dan keluarga penerima beasiswa.

Kelima penerima beasiswa penuh tahun ajaran 2018 / 2019 diantaranya Hidayatul Manan dari SMAN 1 Pekat untuk jurusan D3 Akuntansi, Devi Aprilia Sagita dari SMAN 1 Pekat untuk jurusan D3 Budidaya Tanaman Perkebunan, Sri Sofi Widia Astuti dari SMAN 1 Pekat untuk jurusan D3 Teknik Mesin, Baiq Fenti Hidayah dari SMKN 2 Dompu untuk jurusan D3 Teknik Kimia, dan Ruhansyah Putra dari SMAN 1 Dompu untuk jurusan D3 Teknik Mesin.

Para penerima beasiswa ini akan ditanggung seluruh biaya kuliahnya hingga diwisuda, fasilitas mess selama kuliah, dan fasilitas tiket pesawat saat diberangkatkan ke kampus di Yogyakarta. Sehingga tidak menjadi beban bagi orang tua dalam membiayai kuliah anaknya dan anak itu sendiri bisa fokus belajar menyelesaikan studinya sampai selesai dengan tepat waktu.

“Kita berharap anak – anak ini bisa memiliki pengetahuan dan keahlian sesuai jurusannya. Ketika sudah menyelesaikan studi, mereka bisa menerapkan di tengah masyarakat dan menjadi tenaga terampil,” kata M. Zainuddin selaku HR & GA Dept. Head kepada wartawan.

Ketika menyelesaikan studi tepat waktu dan berprestasi, penerima beasiswa ini bisa langsung diperkerjakan di perusahaan dan diberdayakan di tengah masyarakat. Sehingga tidak heran para petani tebu sangat berharap anaknya kedepan bisa terpilih sebagai penerima beasiswa perusahaan. Beberapa petani tebu mitra perusahaan juga semakin bersemangat menanam tebu.

Zainuddin juga mengungkapkan, pemberian beasiswa kepada warga Dompu ini sebagai wujud dari kepedulian PT SMS kepada masyarakat sekitar perusahaan dalam program CSR-nya. Harapannya, penerima beasiswa bisa memiliki pengetahuan dan keahlian di bidang pertanian tebu dan bidang lain sesuai jurusannya, sehingga kedepan merekalah yang akan memajukan daerah Kecamatan Pekat khususnya, dan Dompu serta NTB pada umumnya.

Beasiswa bagi warga Dompu untuk melanjutkan kuliah di program D3 LPP Politeknik Perkebunan Yogyakarta ini merupakan tahun kedua. Pada ajaran 2017 / 2018 lalu, sebanyak 5 orang putra – putri Dompu juga dikuliahkan dengan biaya penuh dari PT SMS.

Selain beasiswa bagi putra – putri terbaik Dompu, PT SMS juga memberikan hadiah diberangkatkan menjalankan ibadah umrah secara gratis untuk pasangan suami istri dan sepeda motor bagi petani tebu teladan. Perusahaan juga memberikan hadiah untuk pelaksanaan STQ/MTQ tingkat Desa dan kegiatan keagamaan bagi masyarakat di sekitar perusahaan di Desa Doropeti Kecamatan Pekat. Ini merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam membangun kemitraan dan keberlanjutan perusahaan. (ula/*)