Dianugerahi Pemimpin Terbaik Asia, HBY Anugerahkan untuk Masyarakat Dompu

Dompu (Suara NTB) – Kabupaten Dompu merupakan salah satu daerah di Provinsi NTB yang tertinggal dengan angka kemiskinan hingga 19,90 persen di tahun 2010 menjadi 13,43 persen di tahun 2017. Program jagung yang menjadi bagian dari program unggulan Sapi, Jagung dan rumput laut (Terpijar) berhasil menjadi daya ungkit bagi kemajuan berbagai sektor di Dompu. Keberhasilan ini tidak lepas dari kepemimpinan Drs. H. Bambang M. Yasin dengan komitmen memajukan daerah kelahirannya.

Kesuksesan pemerintah daerah (Pemda) Dompu ini dicatat Asia Global Council yang bekerjasama dengan Seven7Media dan menganugerahkan Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin sebagai Pemimpin Terbaik Asia atau The Asia Best Leader 2018 pada penganugerahan penghargaan Asia Awards 2018 Govermen and Company di The Westin Kuala Lumpur Malaisia, Jumat, 25 Mei 2018. HBY merupakan satu – satunya kepala daerah yang dianegerahi penghargaan ini se-Asia.

Penghargaan Asia Awards 2018 ini diadakan Asia Global Council bekerjasama Seven7Media Asia dari Negara Thailand, Singapore, Vetnam, Philipina, Myanmar, Brunei Darussalam, Camboja, Lao Por, Indonesia dan Malaysia.

Pada malam penganugerahan, di hadapan forum internasional di Malaysia yang diberi kesempatan menyampaikan pidato singkat atas penghargaan tersebut menyampaikan, apresiasinya kepada Seven7Media yang telah menyampaikan informasi tentang semangat masyarakat Dompu untuk mencapai kemajuan pembangunan melalui program unggulan daerah, TERPIJAR (tebu rakyat, sapi, jagung, rumput lau) khususnya gerakan penanaman jagung.

“Ini adalah untuk masyarakat Kabupaten Dompu yang menjadi bagian dari kemajuan pembangunan melalui program unggulan TERPIJAR, khususnya jagung,” katanya.

Menteri Dalam Negeri RI, Cahyo Kumolo menyerahkan penghargaan UHC Award di Hotel Grand Mercure Kemayoran Jakarta, Rabu, 23 Mei 2018.

Drs. H. Bambang M. Yasin dinilai sebagai pemimpin pemerintah daerah yang mampu memperjuangkan pertumbuhan pembangunan ekonomi rakyat melalui program unggulan yang melibatkan langsung masyarakat, sehingga dapat mengurangi angka kemiskinan di daerahnya. Terlebih program unggulan tersebut memiliki tantangan dan resiko yang besar, tapi kini menjadi semangat baru bagi masyarakat Indonesia dan berhasil memenuhi kebutuhan jagung dalam negeri.

Bupati Dompu juga dinilai sebagai pemimpin yang berpikiran maju dengan ide dan gagasannya, serta memiliki kinerja yang baik, bertanggungjawab, Inovatif dan mampu mengelola menajemen pemerintahan menjadi lebih baik. Ia juga dianggap mampu mengikuti perubahan dan memiliki tanggungjawab sosial.

Hal ini terbukti dari pertumbuhan ekonomi masyarakat Dompu menjadi lebih baik dengan angka kemiskinan tinggal 13,43 persen di tahun 2017, pendapatan perkapita masyarakat menjadi Rp23,74 juta, peningkatan daya beli masyarakat, peningkatan PDRB, dan pertumbuhan investasi. Bahkan mencatatkan Dompu dalam 5 daerah dengan pertumbuhan investasi terbaik di Indonesia tahun 2014.

Sebelum mendapat penghargaan dari Asia Global Council bekerjasama Seven7Media Asia, Drs. H. Bambang M. Yasin juga mendapat penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award dari Presiden RI yang diadakan Badan Penyelenggara Jaminan Soaial (BPJS) Kesehatan karena telah mewujudkan UHC lebih dini di tahun 2018. Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri RI, Cahyo Kumolo di Hotel Grand Mercure Kemayoran Jakarta, Rabu, 23 Mei 2018.

Di NTB, hanya 3 daerah yang mencapai UHC lebih dini di tahun 2018 dan mendapatkan UHC Award yaitu Kabupaten Dompu, Sumbawa Barat, dan Lombok Utara. Pencapaian UHC lebih dini dari target nasional di tahun 2019 ini diraih atas kebijakan daerah menjaminkan perlindungan kesehatan bagi warga miskin di Dompu dengan mengintegrasikan kepesertaan program Jaminan Kesehatan Masyarakat Dompu (JAKKAD) ke BPJS Kesehatan.

Saat ini, kepesertaan BPJS Kesehatan di Kabupaten Dompu sebanyak 96,12 % atau 207.964 jiwa dan yang belum terdaftar masih ada 8.388 jiwa. Dengan status UHC ini, pemerintah daerah (Pemda) didorong untuk ikut berkontribusi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui kebijakan memperluas cakupan kepesertaan, kualitas pelayanan dan kepatuhan membayar iuran.

Sebelum dianegerahi penghargaan Pemimpin Terbaik Asia, H. Bambang mengaku tidak pernah mengirimkan CV atau proposal sehingga dianugerahi berbagai penghargaan. “Kita berkerja saja secara tulus ikhlas, tanpa dibumbui oleh kepentingan apapun. Insyaallah, ada mata Tuhan yang akan melihatnya,” kata H. Bambang beberapa waktu lalu.

Penghargaan ini, kata H. Bambang di satu sisi menjadi kebanggan buat masyarakat Dompu dan ini menjadi bukti bahwa hasil kerja semua pihak di Dompu diapresiasi dan dihargai oleh banyak orang. Selain disyukuri, ia juga mendorong semua aparatur di lingkup pemerintah Kabupaten Dompu untuk terus berusaha mengejar ketertinggalan yang ada. Keberhasilan yang sudah ada harus dilampui agar bisa menjadi yang terdepan.

“Ini (keberhasilan) harus terus menjadi inspirasi buat kita. Kita harus terus berusaha mengejar ketertinggalan – ketertinggalan,” katanya. (ula/*)