Siswa SDIT Al Hilmi Berbagi Takjil ke Warga

Dompu (Suara NTB) – Siswa SD Islam Terpadu Al Hilmi Dompu membagikan menu berbuka puasa kepada warga di sekitar lingkungan Jado Kelurahan Dorotangga. Pembagian takjil oleh siswa yang ditemani wali murid ini merupakan pembiasaan berbagi kepada sesama pada anak – anak yang menjadi keputusan forum kelas.

Kepala SDIT Al Hilmi Dompu, Syamsul, S.Pd kepada Suara NTB, Selasa (23/5) malam mengungkapkan, kegiatan pembagian menu berbuka puasa kepada warga merupakan keputusan bersama wali murid pada forum kelas. Takjil yang dibagikan merupakan hasil urunan wali murid dan lokasi warga tempat pembagian takjil diserahkan kepada forum kelas.

“Kita berharap, sepekan ini bisa selesai kegiatan berbagi takjilnya. Karena pekan depan, guru dan sekolah akan fokus untuk pembagian rapor,” terang Syamsul.

Pembagian takjil kepada warga, dikatakan Syamsul, untuk membiasakan anak berbagi kepada sesama, minimal menu berbuka. Sehingga kegiatannya, dilakukan oleh anak – anak dan ditemani oleh para guru serta wali murid. Selain berbagi takjil, wali murid yang hendak menyalurkan infaq, dan sedekah akan langsung disalurkan saat momen pembagian rapor.

Baca juga:  32.355 Anak NTB Tak Mengenyam Pendidikan Menengah

Wali murid bersama guru ikut menemani para siswa SD Islam Terpadu Al Hilmi Dompu membagikan menu takjil.

 “Kalau zakat fitrah, kita akan serahkan ke Bazda Kabupaten sesuai instruksi Dinas. Jadi zakat fitrahnya kita serahkan ke Bazda. Untuk infak, sedekah, wakaf  dan sumbangan lain, kami hadirkan dhuafa ke sekolah. Nanti orang tua yang langsung (menyerahkan), biar anak – anak terlibat,” jelasnya.

Muhammad, S.Pd Wakasek Kehumasan SDIT Al Hilmi mengatakan, pembagian takjil dilakukan oleh semua forum kelas. Agar tidak tumpang tindih, masing – masing kelas membagi lokasi pembagian takjil. “Besok, (pembagian takjil) kita arahkan ke lokasi lain,” katanya.

Baca juga:  Tak Melanjutkan Pendidikan Menengah, Kemiskinan dan Pernikahan Dini Jadi Pemicu

Siswa kelas 1 Al Jabar SDIT Al Hilmi mendapat giliran pembagian takjil di sekitar lingkungan sekolah. Para siswa langsung terlibat membagikan berbagai menu buka puasa bersama kurma kepada warga. Pembagian takjil ini ditemani para wali murid, wali kelas dan beberapa dewan guru SDIT Al Hilmi.

Para siswa terlihat antusias membagikan menu berbuka puasa. Warga pun cukup terharu dengan pembagian takjil dari para siswa. Terlebih para warga yang menerima takjil ini sebagian besar warga tidak mampu yang ada di sekitar lingkungan sekolah.

“Alhamdulillah kita bisa berbagi takjil bersama anak – anak hari ini,” kata Yono salah seoran wali murid SDIT Al Hilmi Dompu. (ula/*)