HBY Dianugerahi Bupati Inspiratif dan Bupati Terbaik di Asia

Dompu (Suara NTB) – Dompu merupakan Kabupaten yang paling progresif dalam penurunan angka kemiskinan di NTB dengan menyisakan 13,43 persen. Konsistensi pemerintah daerah (Pemda) mendorong program unggulan Terpijar (tebu rakyat, sapi, jagung, rumput laut) berhasil menggerakan ekonomi rakyat dan berdampak pada penurunan angka kemiskinan.

Berbagai keberhasilan dalam pembangunan di Dompu ini membuat Drs. H. Bambang M. Yasin kembali dianugerahi Bupati paling inspiratif dari 7 SKY Media yang diserahkan di Universitas Negeri Makassar (UNM), Jumat malam, 20 April 2018. Selain itu HBY juga didaulat sebagai Kepala Daerah Terbaik di Asia dari Asia Global Council yang bekerjasama dengan dengan Seven7Media.

Anugerah kepala daerah terbaik ini akan diserahkan di The Westin Kuala Lumpur Malaysia, 25 Mei 2018 mendatang.

Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin mengaku, tidak pernah mengirim CV maupun proposal sehingga dianugerahi berbagai penghargaan. Tapi tiba – tiba saja diberi undangan untuk datang menerima penghargaan sebagai Bupati paling inspiratif dan sebagai kepala daerah terbaik di Asia.

“Kita bekerja saja secara tulus ikhlas, tanpa dibumbui oleh kepentingan apapun. Insyaallah, ada mata Tuhan yang akan melihatnya,” kata H. Bambang.

Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin saat menunjukan penghargaan yang diberikan Gubernur NTB sebagai Kabupaten yang paling progresif dalam penurunan angka kemiskinan.

Penghargaan ini, kata H. Bambang di satu sisi menjadi kebanggan buat masyarakat Dompu dan ini menjadi bukti bahwa hasil kerja semua pihak di Dompu diapresiasi dan dihargai oleh banyak orang.

“Karena tidak mudah, di Indonesia ada 467 Bupati, ada 110 wali Kota. Apalagi di Asean, di Asia, ada ribuan kepala daerah,” terangnya.

Selain disyukuri kemajuan yang sudah diraih, H. Bambang juga mendorong semua aparatur di lingkup pemerintah Kabupaten Dompu untuk terus berusaha mengejar ketertinggalan yang ada. Keberhasilan yang sudah ada harus dilampui agar bisa menjadi yang terdepan.

“Ini (keberhasilan) harus terus menjadi inspirasi buat kita. Kita harus terus berusaha mengejar ketertinggalan – ketertinggalan,” katanya.

Selain menerima penganugerahan, H. Bambang juga didaulat sebagai pembicara di depan para alumni Universitas Negeri Makassar. Ia memaparkan terkait kesuksesan program jagung yang digalakan sejak 2010 lalu di awal kepemimpinannya sebagai Bupati Dompu periode pertama.

Dari program jagung ini berhasil menumbuhkan ekonomi masyarakat Dompu hingga 8 persen di tahun 2011 – 2012 dan mengurangi angka kemiskinan hampir 2 persen di awal program jagung.

Program jagung kini berhasil ditangani dan membentuk hingga proses hilirisasinya. Pertumbuhan ekonomi ini juga ditopang sektor swasta yang ditandai dengan tumbuh kembangnya investasi di daerah. Para investor merasa nyaman berinvestasi di Dompu, sehingga Dompu sempat dikategorikan sebagai daerah yang nyaman untuk investasi.

Pada Musrembang Provinsi NTB tahun 2018 beberapa waktu lalu, Kabupaten Dompu juga mendapat penghargaan dari Gubernur NTB, Dr KH M Zainul Majdi, MA atas pencapaian Indikator Strategis Pembangunan Daerah RPJMD Provinsi NTB 2013 – 2018. Kabupaten Dompu untuk kategori Kabupaten yang paling progresif dalam penurunan angka kemiskinan. (ula/*)