Dompu Tuan Rumah Gelar TTG Provinsi

Pelaksanaan TTG akan Disinkronkan dengan Festival Tambora 2018

Dompu (Suara NTB) – Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Provinsi NTB tahun 2018 dipusatkan di Kabupaten Dompu dan pembukaannya akan dipadukan dengan peringatan hari jadi Kabupaten Dompu maupun Festival Tambora (FT) 2018. Potensi daerah dan temuan yang bermanfaat bagi masyarakat untuk teknologinya diharapkan bisa ditampilkan dalam TTG di Dompu.

Untuk memastikan persiapan kegiatan, Bupati Dompu, Drs H. Bambang M. Yasin memimpin rapat bersama kepala bidang TTG dan PSDA Dinas Pemberdayaan Masyarakat Provinsi NTB, Didik Suwardi di aula pendopo Bupati, Kamis, 22Maret 2018. Terlebih gelar TTG Provinsi NTB ini akan dilangsungkan selama 3 hari pada 4 – 6 April 2018 di lapangan kantor Bupati Dompu.

Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin mengatakan, pelaksanaan gelar TTG tingkat Provinsi NTB semula direncanakan 1 – 3 April 2018 dan diundur menjadi 4 – 6 April karena berbagai pertimbangan. Kegiatan gelar TTG akan mengawali rangkaian kegiatan festival Tambora tahun 2018 dan langsung dilakukan pencanangan kegiatan FT 2018.

“Lapangan beringin ini akan disulap menjadi menjadi lokasi pelaksanaan TTG provinsi tahun 2018,” kata H. Bambang.

Baca juga:  Penting, Peran Teknologi dalam Membangun Daya Saing Industri

Bambang mengingatkan, pelaksanaan gelar TTG NTB jangan sampai asal jadi, asal dilaksanakan dan yang penting sebagai tuan rumah. Tapi harus ditanamkan bahwa kegiatan tersebut harus menjadi bagian dari perubahan untuk perbaikan di masa – masa akan datang. Sehingga harus dipersiapkan dan dilaksanakan secara maksimal.

“Persiapan harus mantap. Jangan asal jadi, asal dilaksanakan atau yang penting jadi tuan rumah. Seperti yang selalu saya sampaikan selama ini, kita harus menjadi bagian dari perubahan untuk perbaikan di masa akan datang,” ingat H. Bambang.

Untuk memaksimalkan persiapan kegiatan, H. Bambang memerintahkan Asisten Administrasi Pemerintahan Setda Dompu bersama jajaran Dinas PMPD Kabupaten terus berkoordinasi dengan pemerintah Kabupaten/Kota se NTB dalam penyiapan kegiatan. Termasuk memfasilitasi penyiapan akomodasi bagi peserta dari luar daerah. “Tiga hari sebelum pelaksanaan kegiatan, persiapannya harus sudah final,” harapnya.

Kepala bidang TTG dan PSDA DPM Provinsi NTB, Didik Suwardi.

Kepala Bidang TTG dan PSDA Dinas Pemberdayaan Masyarakat Provinsi NTB, Didik Suwardi mengatakan, sesuai rencana gelar TTG Provinsi yang dilaksanakan di Dompu, pembukaan direncanakan akan dipadukan dengan hari ulang tahun Dompu jam 2 siang.

Baca juga:  Penting, Peran Teknologi dalam Membangun Daya Saing Industri

“Kita harapkan dari pameran ini, potensi – potensi yang ada di masyarakat bisa untuk dipamerkan dan ada temuan – teman yang bermanfaat di masyarakat untuk kemudahan bagi masyarakat dalam mengimplementasikan dalam tekhnologi tepat guna yang ramah lingkungan, yang berkelanjutan dan murah biayanya,” katanya.

Pameran TTG tingkat provinsi akan ada kelanjutannya tingkat nasional yang dilaksanakan di provinsi Bali. Yang berprestasi dalam lomba tingkat Provinsi, akan mewakili NTB di tingkat nasional. Ada beberapa lomba yang akan dilaksanakan pada gelar TTG tingkat Provinsi, yaitu lomba inovasi, lomba tekhnologi tepat gunan unggulan, dan lomba stand.

“Masing – masing Kabupaten / Kota diharapkan berkreasi semaksimal mungkin, baik itu mengikuti lomba inovasi, tekhnologi tepat guna dan lomba stand,” harapnya. (ula/*)