Lelang Jabatan di Dompu Sepi Pelamar

Advertisement

Dompu (Suara NTB) – Proses lelang jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP) di Kabupaten Dompu yang dibuka sejak 24 Januari lalu hingga saat ini masih sepi peminat. Diduga para pejabat masih mempersiapkan berkas administrasi lamaran dan akan mengajukannya pada pekan terakhir masa pendaftaran.

Di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dompu sendiri, banyak pejabat administrator (eselon III) yang memenuhi syarat. Namun bukan berarti pejabat administrator yang ditunjuk sebagai pelaksana tugas (Plt) di beberapa satuan kerja perangkat daerah (SKPD) akan langsung terpilih dalam JPTP yang dilelang.

“Lelang jabatan ini dilakukan secara terbuka dan bisa diikuti oleh semua pejabat yang memenuhi syarat se Provinsi NTB. Penentuan siapa yang terpilih, itu akan terjawab dengan proses yang ada. Jadi tidak ada istilah bahwa di SKPD A sudah ada orangnya dan di SKPD B sudah ada orangnya,” tegas Kepala Sekretariat Panitia Seleksi (Pansel) lelang JPTP Kabupaten Dompu, Ir Ruslan yang juga kepala BKDPSDM Kabupaten Dompu kemarin.

Sebagai kepala sekretariat Pansel, Ruslan memastikan pihaknya akan bekerja profesional dan mengikuti setiap tahapan yang ada. Mereka yang tidak memenuhi syarat tidak mungkin akan dinyatakan memenuhi syarat dan proses ini tetap diawasi oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Untuk memastikan seseorang pernah mendapat sanksi administrasi sedang atau berat selama menjadi PNS, Pansel akan berkoordinasi dengan Inspektorat. Begitu juga dengan sanksi pidana akan berkoordinasi dengan Kepolisian dan Kejaksaan.

“Ketika lembaga yang disurati tidak menjawab suratnya, Pansel menganggap tidak ada masalah dengan para pejabat yang ditanya. Hal ini seperti yang dilakukan oleh daerah – daerah yang lebih dulu melakukan proses pansel,” katanya.

Ruslan juga mengaku, hingga saat ini belum ada pejabat yang memasukan administrasi lamaran ke Sekretariat Pansel melalui Pos. Kemungkinan para pejabat masih mempersiapkan administrasi yang dibutuhkan. Namun beberapa pejabat melakukan koordinasi untuk menanyakan syarat dan berkas yang dibutuhkan.

“Sampai siang ini, belum ada satupun berkas lamaran yang masuk kita terima. Tapi ada beberapa pejabat yang datang konsultasi. Mungkin mereka akan memasukan di pekan – pekan terakhir batas lamaran,” ungkap Asraruddin, SH kepala bidang Pengembangan di BKDPSD Kabupaten Dompu, Selasa, 30 Januari 2018.

Ada 10 JPTP di lingkup Pemerintah Kabupaten Dompu yang dilelang dengan masa pengajuan lamaran hingga 9 Februari 2018 stempel pos. Kesepuluh jabatan yang lelang antara lain Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan. (ula)

Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.