Begini Suasana Khidmat di HUT Kemerdekaan RI Ke- 72 di Dompu

0
123

UPACARA peringatan Detik – detik Proklamasi ke 72 di Kabupaten Dompu yang dilaksanakan di Lapangan Karijawa Dompu berlangsung khidmat. Partisipasi warga dan tamu undangan sangat terasa, terlihat dari kehadiran di tempat upacara jauh lebih awal. Bupati dan Wakil Bupati Dompu beserta FKPD juga terlihat kompak didampingi istri masing – masing.

Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin memimpin upacara peringatan Detik – detik Proklamasi ke 72 di Kabupaten Dompu dan Ketua DPRD Dompu, Yuliadin, S.Sos yang membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Sementara yang bertindak sebagai komandan upacara Kapten Inf Moh Yamin. Upacara ini pun berlangsung khidmat dan pasukan pengibaran bendera berhasil mengibarkan bendera secara sempurna.

Bupati Dompu selaku Inspektur Upacara peringatan Detik – detik Proklamasi sempat mencium bendera merah putih sebelum diserahkan kepada Widya Ayu Lestari, anggota Paskibraka pembawa baki untuk dikibarkan. Setelah upacara peringatan Detik – detik Proklamasi dan pengibaran bendera merah putih, kebiasaan menyalami komandan upacara tidak dilupakan Bupati Dompu yang dijuluki profesor jagung ini.

Bupati dan Wakil Bupati beserta anggota FKPD sebelumnya berkumpul di Pandopo Bupati bersama istri sebelum ke lapangan upacara untuk menunggu waktu upacara. Ketika tiba di Lapangan Karijawa, upacara langsung digelar. Drs H Bambang M Yasin dan Arifuddin, SH mengenakan seragam kebesaran Bupati dan Wakil Bupati yaitu pakaian putih – putihnya. Begitu juga dengan Dandim 1614/Dompu, Letkol CZI Arif Hadiyanto, SIP dan Kapolres Dompu, AKBP Jon Wesly Aryanto, SIK mengenakan seragamnya. Sementara Ketua DPRD Dompu, Yuliadin, S.Sos, Kajari Dompu, Hasan Kurnia, SH serta Ketua PN Dompu mengenakan jas. Para ibu – ibu terlihat mengenakan balutan kebaya.

  Meriahkan Festival Tambora 2018, Bupati Gelorakan Atasi Stunting dengan Konsumsi yang Beragam

Kepala Bagian Adm Pemerintahan Setda Dompu, H Yuhasmin, MSI selaku penanggung jawab pelaksanaan upacara peringatan Detik – detik Proklamasi, mengungkapkan apresiasinya atas kesuksesan acara peringatan Detik – detik Proklamasi dan pengibaran bendera merah putih. Kendati dilaksanakan di Lapangan Karijawa dan berdekatan dengan perkampungan warga, upacara bendera kali ini terasa jauh lebih khidmat dan antusias warga serta tamu undangan cukup tinggi. ‘’Di undangan yang kita sebarkan, acaranya jam 08.30 Wita, tapi jam 8 undangan sudah penuh. Bahkan banyak tamu undangan yang tidak membawa undangan juga ikut hadir. Sehingga terasa sekali khidmatnya,’’ katanya.

Usai upacara bendera di Lapangan Karijawa, acara dilanjutkan dengan pemberian remisi kemerdekaan bagi warga binaan Lapas Dompu. Pementasan bengkel sastra SMAN 1 Dompu yang menampilkan perjuangan Sartini bersama tunangannya dalam melawan penjajah Belanda. Juga dilaksanakan pemusnahan barang bukti (BB) sitaan dan temuan aparat Polres Dompu, Kejari Dompu, dan Pol PP Dompu selama 2017.

Sebelum upacara peringatan Detik – detik Proklamasi dan pengibaran bendera, pada Rabu (16/8) malam, anggota Paskibraka ini dikukuhkan. Upacara pengukuhan anggota Paskibraka Dompu ini dipimpin langsung oleh Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin dan dihadiri oleh orang tua anggota Paskibraka. Pada jam 00.00 Wita, juga dilanjutkan dengan upacara renungan suci di Taman Makam Pahlawan Desa Lepadi Dompu yang dipimpin Dandi 1614/Dompu, Letkol CZI Arif Hadiyanto, SIP. (ula/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here