MTQ Tingkat Kabupaten di Pekat, HBY Ajak Masyarakat Buktikan Dompu Hebat

Dompu (Suara NTB) – Mushabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Dompu tahun 2017 di Pekat dibuka secara resmi dibuka Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M Yasin. Kepada masyarakat, Bupati mengajak untuk bersama – sama semangat membangun daerah dan membuktikan bahwa orang Dompu hebat. Sementara untuk kontingen yang meraih juara umum akan diberikan hadiah tambahan senilai tanaman tebu 1 ha dari PT Sukses Mantap Sejahtera (SMS) sebagai dana pembinaan.

Sebelum MTQ tingkat Kabupaten Dompu ini dibuka secara resmi, Minggu, 3 September 2017 malam, pada sorenya terlebih dahulu diawali dengan pawai taaruf oleh semua kafilah menggunakan kendaraan bermotor mengelilingi wilayah di Kecamatan Pekat. Pawai taaruf ini juga diikuti oleh rombongan Bupati dan forum koordinasi pimpinan daerah (FKPD) Dompu.

Arena MTQ 2017 di Pekat

Bupati Dompu, Drs H. Bambang M Yasin saat pembukaan MTQ mengharapkan, pelaksanaan MTQ ini tidak hanya untuk mendapatkan duta Kabupaten ke MTQ lebih tinggi, tapi yang utama memperkuat syiar Islam.

“Kita berharap melalui momen MTQ ini, hubungan silaturrahmi kita yang mungkin sudah bertahun – tahun tidak ketemu, mungkin lewat MTQ ini bisa saling bertemu, bisa saling mengingatkan, bisa saling belajar tentang ajaran agama kita,” harapnya.

MTQ juga diharapkan bisa mememperkuat persaudaraan dan harus tetap bersama – sama semangat membangun daerah dengan tujuan membangun Dompu lebih baik.

“Kita harus bisa membuktikan kepada semua orang bahwa orang Dompu itu hebat dan kita memang hebat. Dulu dari juara 10 di NTB, sekarang Dompu menjadi juara 1 – 3. Ini adalah hasil kerjasama kita semua dan kita berharap kedepan prestasi akan semakin kita tingkatkan dan bisa melampui angka rata – rata NTB,” harapnya lagi.

Dewan Hakim MTQ Kabupaten Dompu 2017 dilantik.

Bambang juga mengumumkan tambahan hadiah bagi kontingen yang meraih juara umum pada MTQ thaun 2017 akan ada tambahan dana pembinaan bagi qari’ dan qariah di wilayahnya berupa anggaran senilai 1 ha lahan tebu dari PT Sukses Mantap Sejahtera (SMS). Hadiah tambahan ini juga akan diberikan juga pada pelaksanaan MTQ berikutnya.

“Kalau tahun depan acaranya di Kilo. Hadiah tambahannya senilai 1 ha jagung,” janjinya.

Bupati juga memberikan apresiasinya kepada masyarakat Pekat yang telah mendukung pelaksanaan MTQ tahun 2017. Penunjukan Kecamatan Pekat sebagai tuan rumah pun dilakukan beberapa waktu lalu dan itu atas tantangan Camat Pekat bersama masyarakat setelah persiapan dilakukan.

Pola ini diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi Kecamatan lain dan bagi wilayah yang akan menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ/STQ tahun berikutnya sudah mulai dipersiapkan fasilitas pendukungnya.

Penetapan Pekat sebagai tuan rumah, diakui H. Bambang, bukan tampa pertimbangan. Diantaranya agar kafilah dari Kecamatan lain dapat menikmati padang savana Doro Ncanga, bisa melihat pabrik gula dan kebun tebunya. Sehingga para kafilah nantinya akan melakukan kunjungan ke pabrik gula.

“Tujuannya apa? Supaya anak kita bisa melihat, bisa mengerti dan bisa memahami apa sebenarnya yang ada di sekitar kita. Supaya kita ikut berkontribusi terhadap kemajuan daerah ini,” terangnya.

Bambang juga mengungkapkan berbagai kemajuan pembangunan di Dompu seperti perbaikan akses jalan Dompu – Pekat dan 2019 ditargetkan jalan lingkar Tambora akan tembus dengan status jalan Negara. Pemda Dompu juga sedang membangun gedung kantor Bupati berlantai 3 dan akan menjadi gedung kantor Bupati termegah di pulau Sumbawa.

Tahun berikutnya akan dilanjutkan dengan pembangunan kompleks perkantor Dinas/Instansi sesuai rumpun tugasnya. Perhatian pada pembangunan gedung perkantoran ini dilakukan setelah perhatian pada ekonomi masyarakat dilakukan selama 6 tahun pertama, sehingga Dompu menjadi daerah terendah angka kemiskinannya di NTB, serta daerah dengan pendapatan perkapita tertinggi.

“Saya sampaikan ini untuk menyemangati kita semua, supaya kita terus bekerja, bekerja dan bekerja,” katanya.

Sementara H. Soehartomo, SKM, MPPM selaku ketua panitia dalam laporannya menyampaikan, MTQ yang akan berlangsung hingga 8 September mendatang ini dengan tema ‘Melalui Mushabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XXVII tingkat Kabupaten Dompu Kita Bangkitkan Gerakan Magrib Mengaji’. MTQ ini diikuti oleh cabang tilawah yang terdiri dari golongan anak – anak 16 orang, tilawah dewasa 16 orang, tilawah remaja 16 orang, tartil quran 16 orang, qaraat mujawad dewasa 16, qaraat muratal dewasa 14 orang, golongan qaraat mujawat remaja 14 orang, qaraat muratal remaja 14 orang, cata netral 4 orang. Cabang hifzil quran dari golongan 1 juz 15 orang, 5 juz 11 orang, 10 juz 7 orang, 20 juz 5 orang, dan 30 juz 3 orang.

Cabang lainnya berupa cabang tafsir bahasa arab, bahasa indonesia, bahasa Inggris. Cabang fahmul quran, cabang syahril quran, cabang musabaqah makalah ilmiah alquran, dan cabang khatmil al quran. “Yang juara ini akan mewakili Dompu pada pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi di Kabupaten Bima,” kata H Soehartomo. (ula/*)