Dandim Dompu Dampingi Tim Mabes Cek Kadar Air Gabah Petani

Dompu (Suara NTB) – Dandim 1614/Dompu, Letkol CZI Arif Hadiyanto, S.IP., yang kedatangan tamu dari Tim Sergap Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Sabtu (8/4), memberi pendampingan langsung saat operasi penyergapan terkait kadar air gabah petani. Kegiatan itu merupakan Upaya Khusus (Upsus) untuk menjamin tetap stabilnya harga gabah di Dompu.

Rombongan Tim Sergap Kolonel Inf I Made Sudiyana dan Kolonel CZI Wakhyono yang menggelar operasi juga didampingi Kasdim 1614/Dompu Mayor CZI Yudi Wiyanto, Kepala Sub Divere Bulog Kabupaten Bima dan Dompu, Burhanudin Ashari, Kepala Gudang Bulog Baru (GBB) Dompu Irfan, pihak Dinas Ketahanan Pangan, Aminullah, Kadistanbun Ir. H. Fahrurrozi dan Danramil 1614-01/Dompu, Kapten Inf Ketut Sugra.

Baca juga:  NTB Raih Anugerah Paramakarya 2019


“Tim sergap langsung menuju Gudang Bulog Baru (GBB) Dompu untuk cek kadar air dan stok gabah saat ini,” kata Dandim, Minggu, 9 April 2017.

Selain GBB Tim Sergab juga menyasar gudang driyer Bintang Jaya milik Sumardi dengan agenda yang sama. Dari dua gudang tersebut tim tak menemukan kejanggalan apa-apa, baik dari timbangan gabah maupun kadar airnya. Sementara untuk harga gabah yang diambil para pengusaha lanjut dia, masih tetap sesuai dengan Harga Pokok Penjualan (HPP) yakni Rp 3700/Kg.

Baca juga:  Gubernur NTB Raih Penghargaan ‘’Regional Leader Enterpreneur Awards’’ 2019


“Dan untuk di gudang itu stok sudah melebihi target alat tes, sementara timbangan sudah sesuai,” jelasnya.

Tak cukup di situ  rombongan  tim sergap ini juga terjun ke tengah-tengah petani area persawahan Rato Baka, Desa Wawonduru yang sedang panen raya. hal itu dilakukan untuk dapat benar-benar memastikan apa yang diterangkan para pengusaha itu sesuai dengan kondisi real yang dialami petani.

“Tim melihat para petani yang sedang panen serta melakukan dialog terkait dengan harga gabah. Dan hasilnya memang sejauh ini masih normal,” pungkasnya. (jun/*)