Tersangka Pencuri Truk Diringkus Polisi

Advertisement

Dompu (Suara NTB) – Timsus Polsek Menggelewa meringkus tersangka pencurian truk sekaligus penadah motor curian, Rabu, 18 Januari 2017. Tersangka SP (30) diamankan petugas di wilayah Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima.

Kapolsek Manggelewa, Ipda Ramli, SH., mengungkapkan, penangkapan bermula dari laporan sopir truk, Supriyanto asal Lombok yang mengaku truk yang dikendarainya dibawa kabur. Setelah dilakukan pengembangan informasi diketahui truk tersebut dibawa tersangka ke arah Sanggar.

“Kemudian saya bersama tiga orang Timsus langsung ke sana, dan mobilnya kita temukan,” katanya kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu, 18 Januari 2017.

Polisi sempat mengalami kesulitan menangkap SP lantaran bersembunyi di atas plafon rumah, bahkan memberontak dan melarikan diri. Beruntung Timsus yang bergerak cepat kemudian berhasil meringkus tersangka.

Barang Bukti (BB) yang diamankan dalam penangkapan tersangka, sebut Ramli, satu unit truk, berikut beberapa peralatan aksi kejahatan lain. Berdasarkan informasi yang dihimpun pihaknya, selain mencuri, dia juga penadah motor hasil curian. Bahkan ia memiliki gudang penyimpanan tersendiri yang tepatnya jauh dari perkampungan warga.

“Selain beraksi sendiri, dia juga menerima barang hasil curian,” jelasnya.

Saat ini tersangka sudah diamankan di Polsek Manggelewa untuk penyelidikan lebih lanjut, serta akan dikenakan Pasal 365 KUHP dengan ancaman hukuman 8 tahun penjara.

Berdasarkan keterangan korban tambah Ramli, modus yang digunakan tersangka yakni meminta sopir truk mengangkut dedak di salah satu gudang. Tetapi saat menuju gudang tersebut ia mengambil alih laju kendaraan dengan menjadi sopir. Di tengah perjalanan ia meminta sopir turun mengambil sesuatu di salah satu rumah warga. Dan saat itu pula ia beraksi membawa kabur truk milik korban. “Tersangka menawarkan kepada sopir bahwa di desa Lanci ada muatan.” pungkasnya. (jun)

Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.