Dompu Sumbang Separuh Kasus Kematian karena DBD di NTB

Bupati Dompu, Kader Jaelani ikut mengangkat jenazah anak yang meninggal karena DBD di Dompu, Sabtu, 6 Maret 2021.(Suara NTB/ula)

Dompu (Suara NTB) – Korban meninggal dunia karena Demam Berdarah Dengue (DBD) di Nusa Tenggara Barat (NTB) tercatat sudah mencapai enam orang dan tiga diantaranya berasal dari Kabupaten Dompu. Kendati korban meninggal dunia yang banyak, DBD di Kabupaten Dompu belum ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB).

Masyarakat pun diminta untuk memperhatikan kebersihan lingkungan dan menghilangkan jentik nyamuk. Upaya pemberantasan sarang nyamuk dengan cara menguras/membersihkan tempat penyimpanan air, menutup rapat tempat penyimpanan air, dan memanfaatkan kembali tempat berpotensi jadi sarang nyamuk.

Iklan

“Kita cukup prihatin dengan adanya korban jiwa akibat DBD ini. Ini harus menjadi perhatian kita bersama dan akan segera kita sikapi,” kata Bupati Dompu, Kader Jaelani kepada Suara NTB di sela acara pemakaman korban meninggal dunia akibat DBD di Dompu, Minggu, 7 Maret 2021.

H Syahrul Parsan, ST, MT wakil Bupati Dompu juga mengungkapkan, akan segera mengeluarkan surat yang ditujukan kepada Kepala Desa/Lurah dan Camat untuk menghimbau warga menjaga kebersihan lingkungan. Sehingga tempat yang menjadi media berkembang biaknya nyamuk DBD bisa dibatasi, selain upaya foging untuk membunuh nyamuk dewasa.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu, Maman, SKM, MMKes yang dihubungi terpisah mengungkapkan, korban meninggal karena DBD di NTB sebanyak enam kasus dan tiga diantaranya berasal dari Dompu. “Kita (Dompu) telah memakan korban meninggal dunia hingga tiga orang dan ini menjadi jumlah korban terbanyak se NTB dari enam orang korban jiwa karena DBD,” kata Maman.

Kendati korban jiwa karena DBD mencapai tiga orang, Kabupaten Dompu belum menetapkan sebagai kejadian luar biasa (KLB). Sejatinya, ketika satu orang meninggal langsung dinyatakan sebagai KLB. “Satu saja meninggal (DBD) itu, sudah KLB,” terang Maman.

Kendati belum ditetapkan sebagai KLB, Maman mengaku, pihaknya tetap mengupayakan ketika ada permintaan penyemprotan dan masyarakat diminta untuk tetap melakukan pemberantasan sarang berkembang biaknya nyamuk DBD. (ula)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional