Dompu Nihil Pasien Positif Covid-19

Maman. (Suara NTB/jun)

Dompu (Suara NTB) – Kabupaten Dompu, kembali menyandang status zona hijau Covid-19. Hal itu menyusul satu pasien positif tersisa sebelumnya telah dinyatakan sembuh. Meski demikian, warga diminta tetap mengedepankan protokol kesehatan untuk menghindari ledakan kasus baru.

Plh Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Dompu, Maman, Skm, MMKes, kepada Suara NTB di Pendopo Bupati, Rabu, 8 Juli 2020 membenarkan daerah ini telah bebas dari pasien positif Covid-19. “Ia memang kita sudah zero pasien positif Covid-19,” ungkapnya.

Iklan

Nihilnya pasien positif tersebut, lanjut dia, dengan sendirinya merubah status daerah ke zona hijau. Akan tetapi, protokol pencegahan dan penanganan virus berbahaya itu harus tetap dikedepankan masyarakat. Seperti halnya menggunakan masker, intens mencuci tangan serta memastikan jarak terjaga saat interaksi sosial.

Munculnya kasus positif baru masih sangat mungkin terjadi. Namun dengan pengalaman panjang yang sudah dilalui selama beberapa bulan terakhir, tim merasa siap untuk menanggulangi kasus-kasus yang ada. Apalagi telah didukung berbagai sarana penunjang berupa fasilitas kesehatan, pusat karantina dan alat pendeteksian sampel orang dengan gejala terpapar. “Masyarakat harus menjalankan kehidupan seperti biasa tetapi dengan penambahan kebiasaan baru, seperti memakai masker dan jaga jarak,” harapnya.

Selain bebas dari pasien positif Covid-19, tegas Maman, orang dengan status OTG, ODP, PDP dan sejenisnya sudah tidak ada lagi di wilayah ini.

Sekarang fokus perhatian utama gugus tugas lebih pada aktifitas pelajar atau mahasiswa yang keluar daerah, baik untuk mendaftar ke perguruan tinggi atau sekedar menengok kondisi kos yang sudah lama mereka ditinggalkan. Kekhawatirannya saat mereka datang kembali dan membawa serta menularkan virus tersebut ke daerah. “Mereka kan potensi untuk kembali sementara Mataram melonjak terus ini, inilah yang sedang kita antisipasi sekarang,” pungkasnya. (jun)

  Cicak Jari Lengkung, Reptil Langka yang Hanya Ditemukan di Tambora

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here