Dompu Minta 3000 Keping Blangko E-KTP

Abdul Nazib. (Suara NTB/jun)

Dompu (Suara NTB) – Stok blangko E-KTP pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Dompu, terus berkurang. Dari stok 6000 yang disediakan kini tersisa 500 keping. Karenanya, pertengahan tahun 2020 ini mereka meminta tambahan 3000 keping untuk kebutuhan beberapa bulan kedepan. Demikian disampaikan Sekretaris Disdukcapil Dompu, Abdul Nazib ketika dikonfirmasi Suara NTB, Rabu, 17 Juni 2020.

Ia menjelaskan, ribuan keping blangko E-KTP yang diminta sesuai dengan jumlah penduduk dengan usia 17 tahun ke atas atau kurang 3-4 bulan untuk mencapai usia wajib KTP. Mereka diprediksi memerlukan dokumen tersebut karena akan menjadi pemilih pemula pada Pilkada 2020.

Iklan

Selain pertimbangan itu, lanjut dia, kebutuhan tersebut muncul dari mereka yang kehilangan atau rusak E-KTP-nya, kemudian pindah alamat akibat pemekaran Desa/Kelurahan. “Seperti di Desa Tembalae itu masih sebagian besar tercatat sebagai warga Desa Ranggo. Serakapai masih sebagian warga Bali I, nah itu yang diperhitungkan sehingga totalnya 3000,” ungkapnya.

Sebanyak 3000 keping blangko yang diminta hanya untuk pencetakan E-KTP, sementara keperluan KK dan akta kelahiran stoknya masih tersedia hingga akhir tahun 2020.

Terkait pemakaian 500 keping blangko yang tersisa, menurutnya, sangat tergantung permohonan yang masuk dari masyarakat. Jika membludak dengan kemampuan cetak petugas 150 E-KTP/hari besar kemungkinan stok tersebut habis bulan ini. ‘Kalau permohonan sedikit bisa lebih lama lagi,” ujarnya.

Selain melayani pencetakan E-KTP untuk warga Dompu, Disdukcapil rupanya telah membuka pelayanan untuk pencetakan E-KTP bagi warga pendatang yang kehilangan E-KTP-nya, baik saat berada di daerah asal atau dalam perjalan. Terpenting yakni mereka tidak mengajukan perubahan atas beberapa item pada dokumen kependudukan seperti alamat, status perkawinan dan sebagainya. “Misalnya hilang di Dompu KTP Jakarta bisa dicetak di Dompu, yang tidak bisa kalau dia minta merubah alamatnya,” pungkas Abdul Nazib. (jun)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional