Dompu Dapat Tambahan 10.000 Penerima BPNT

Tajuddin HIR. (Suara NTB/Jun)

Dompu (Suara NTB) – Kementerian Sosial (Kemensos) RI, sebelumnya telah mengeluarkan 6.023 penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Dompu. Baik karena NIK invalid, ganda maupun tidak pernah mengambil bantuan selama setahun. Meski terbilang besar, namun data penambahan justru jauh lebih banyak, yakni sekitar 10.000 KPM.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Dompu, Tajuddin HIR kepada Suara NTB di kantornya, Rabu, 4 Maret 2021 menyampaikan, tahun ini kementerian telah menetapkan tambahan 10.000 KPM BPNT. Jumlah tersebut jauh lebih besar dari total mereka yang terpaksa dikeluarkan. “Walaupun banyak dikeluarkan, kita ternyata dapat tambahan sekitar 10.000 penerima BPNT tahun ini,” ungkapnya.

Iklan

Ribuan warga miskin yang kebagian jatah BPNT, lanjut dia, merupakan hasil keputusan dari pemerintah pusat. Namun demikian, mereka masih belum bisa menerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) lantaran dalam proses pembuatan di Bank BRI.

Selain bertujuan memenuhi kebutuhan keluarga di tengah pandemi Covid-19. Bantuan senilai Rp200 per bulan ini, bagian dari upaya pemerintah dalam mengentaskan persoalan stunting di daerah. “Karena perutukannya khusus untuk memenuhi kebutuhan warga akan karbohidrat, protein nabati dan hewani serta vitamin. Jadi gizi yang baik ini harus terpenuhi untuk mencegah stunting,” jelasnya.

Ditegaskan, BPNT berbeda dengan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) bagi warga miskin yang memenuhi syarat. Untuk BPNT pembelian hanya bisa dilakukan pada eWarung yang tersedia, sedangkan PKH pemanfaatannya bebas untuk kebutuhan apa saja.

Data tambahan KPM BPNT, diakui Tajuddin HIR cukup besar. Akan tetapi pengurangan masih akan tetap berlangsung bagi mereka yang tidak lagi memenuhi kriteria, baik karena persoalan administrasi kependudukan atau dinyatakan mampu secara ekonomi. “Pengurangan masih akan tetap ada, terutama untuk mereka yang masuk Desil IV atau mampu secara ekonomi,” pungkasnya. (jun)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional