Dompu Dapat 3.640 Dosis Vaksin Sinovac

Rahmat. (Suara NTB/Jun)

Dompu (Suara NTB) – Dinas Kesehatan (Dikes) Provinsi NTB, telah menetapkan alokasi vaksin Covid-19 dari Sinovac untuk semua Kabupaten/Kota di NTB. Dompu memperoleh 3.640 dosis untuk tahap pertama dengan rencana pendistribusian awal Februari 2021. Jika melihat sasaran prioritas yakni tenaga kesehatan, alokasi tersebut jauh melebihi kebutuhan.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dikes Dompu, Rahmat, Skm., ketika dikonfirmasi wartawan di kantornya, Rabu, 13 Januari 2021.

Ia menyampaikan, berdasarkan hasil rapat virtual dengan provinsi beberapa waktu lalu, vaksin tersebut akan didatangkan awal bulan depan, khususnya bagi daerah diluar Kota Mataram dan Lombok Barat (Lobar). “Mulai vaksin saat ini dua daerah itu dulu. Ini informasi terakhir yang kami peroleh dari provinsi melalui rapat virtual di ruang rapat Bupati kemarin,” ungkapnya.

Menyangkut kesiapan tempat penyimpanan vaksin itu sendiri, daerah sudah memiliki satu unit Cold Chain. Ini sesuai harapan dari Pemprov NTB.

Sementara untuk vaksinator, lanjut dia, pihaknya telah menunjuk dua orang tenaga medis pada tiap puskesmas di delapan kecamatan. Mereka sekarang masih dalam proses pelatihan secara virtual. “Walau dua orang yang kita tentukan, kami harap juga tenaga kesehatan lain ikut pelatihan virtual untuk nantinya membantu,” ujarnya.

Jika melihat jumlah keseluruhan tenaga kesehatan pada tiap puskesmas dan rumah sakit umum daerah, alokasi 3.640 dosis vaksin dari provinsi jauh melebihi kebutuhan. Karena daerah hanya memiliki dokter dan paramedis sebanyak 2.066 orang.

Dan atas kelebihan tersebut, mereka masih akan menunggu petunjuk teknis lebih lanjut dari pemerintah provinsi, termasuk sistem pelaksanaannya di delapan kecamatan. “Kalau ada sisa akan diprioritaskan kemana, nanti kita tunggu petunjuk teknis dari provinsi,” tandasnya. (jun)