Dompu Belum Miliki Sarpras Penyimpanan Vaksin Covid-19

Abubakar Husain. (Suara NTB/Jun)

Dompu (Suara NTB) – Vaksin Covid-19 dari Sinovac rencananya segera terdistribusi ke 10 Kabupaten/Kota diNTB. Namun demikian, ternyata belum semua daerah siap, terutama dari segi sarana prasarana penyimpanan untuk memastikan vaksin tersebut tetap aman. Seperti halnya Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Dompu.

Mereka belum memiliki tempat khusus untuk mengamankan vaksin kiriman pusat lewat pemerintah provinsi itu, termasuk di sembilan puskesmas dan pusat pelayanan kesehatan lain.

Demikian ungkap Kepala Bidang Pelayanan Sumber Daya Kesehatan (PSDK) Dikes Dompu, Abubakar Husain ketika dikonfirmasi Suara NTB, Rabu, 6 Januari 2021. “Sarana untuk vaksin lain memang sudah ada, tapi khusus Covid-19 ini belum,” terangnya.

Selain menggodok kesiapan sarana penyimpanan vaksin Covid-19 tersebut. Pihaknya dalam proses penyelesaian data tenaga kesehatan yang akan menjadi sasaran utama program vaksinasi.

Untuk sementara, dari total 2.066 orang tenaga kesehatan baik dokter dan paramedis di semua fasilitas kesehatan, baru terdata 1.804 orang. Sedangkan 262 lainnya masih dalam proses pendataan. “Ratusan orang sisanya itu berada di puskesmas yang letaknya cukup jauh seperti Calabai. Tapi kemungkinan beberapa hari kedepan sudah rampung semua,” ujarnya.

Disinggung efektivitas vaksin dalam memastikan sasaran kebal dari virus yang sudah banyak menelan korban jiwa itu, Abubakar Husain belum berani memastikan. Namun mengingat ini telah melalui proses pengujian cukup panjang, ia meyakinkan bahwa vaksin tersebut baik bagi kesehatan.

Dan karena sasaran awal terfokus pada nakes, maka penerapan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, jaga jarak dan intens cuci tangan harus dikedepankan. Sebab siapapun berpotensi besar menjadi sumber penularan virus berbahaya tersebut. “Kita juga kan tidak tahu apakah orang ini sudah divaksin atau tidak, untuk itu langkah antisipasi harus dilakukan dengan tetap mengutamakan protokol Covid-19,” pungkasnya. (jun)