Dokter Positif Covid-19, Satu Puskesmas di Kota Bima Ditutup

Puskesmas Paruga berada di Kelurahan Dara yang ditutup sementara waktu menyusul seorang dokter umum, inisial Sr (38 Tahun) terkonfirmasi positif Covid-19, Jumat, 24 Juli 2020.(Suara NTB/Uki)

Kota Bima (Suara NTB) – Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Bima menutup sementara Puskesmas Paruga yang berada di Kelurahan Dara Kecamatan Rasanae Barat, karena ada seorang dokter umum yang bertugas di Puskesmas setempat dinyatakan positif Covid-19.

Sekretaris Dikes Kota Bima, Ahmad S.Sos mengatakan penutupan Puskesmas Paruga untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan pasca dokter umum inisial Sr, (38 tahun) dinyatakan positif Covid-19.

“Penutupan puskesmas Paruga sebagai upaya gerak cepat kita memutus penyebaran Covid-19,” katanya Suara NTB, Jum’at, 24 Juli 2020.

Ia mengaku penutupan Puskesmas Paruga mulai diberlakukan sejak tanggal 22 Juli 2020 sampai dengan tujuh hari kedepan. Bahkan sejak ditutup dan ditiadakan pelayanan, Puskesmas setempat telah disemprot dengan disinfektan.

“Pasien lanjut usia (lansia), ibu hamil, anak-anak hingga pasien umum untuk sementara dipindahkan ke Puskesmas terdekat. katanya.

Ahmad mengatakan, sejak mengetahui dokter Sr positif Covid-19, pihaknya langsung melakukan pelacakan kontak (tracking contact) sebanyak 131 karyawan, seperti bidan, dan perawat di Puskesmas setempat.

“Dari 131 spesimen yang kita ambil, 44 orang diantaranya reaktif. Saat ini mereka diisolasi mandiri sembari menunggu keluarnya hasil tes swab,” katanya.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Bima, H. Abdul Malik SP, MM mengatakan, dokter, Sr, dikonfirmasi positif Covid-19 memiliki kontak erat dengan suaminya, inisial Fs (26 Tahun). “Kontak dari suaminya. Selain Sr, dua anaknya juga kena,” katanya.

Malik mengaku, Sr, Fs dan satu anaknya yang berusia tiga tahun dirawat di ruang isolasi RSUD Kota Bima sejak tanggal 2 Juli 2020. Kemudian sehari setelahnya menyusul anaknya yang berusia 6 tahun. “Kondisi mereka saat ini dalam keadaan normal,” pungkasnya. (uki)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here