Dokter Mengundurkan Diri Bertambah, Pemprov Proses Usulan Penerbitan NIP 373 CPNS 2019

Ilustrasi Dokter. (SuaraNTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Dokter yang mengundurkan diri sebagai CPNS Pemprov NTB bertambah menjadi tiga orang. Sebelumnya, dokter spesialis anak dan dokter gigi yang mengundurkan diri, bertambah satu orang, yaitu dokter spesialis kandungan.

Demikian dikatakan Kepala Bidang Informasi Kepegawaian BKD NTB, Drs. Syamsul Bukari, P.Si., M.Kes., dikonfirmasi Suara NTB, Kamis, 19 November 2020. Syamsul menerangkan, BKD NTB telah mengantar surat pengunduran diri tiga dokter tersebut ke BKN dan Kementerian PANRB.

Iklan

Dari tiga dokter yang mengundurkan diri sebagai CPNS, hanya satu formasi yang ada penggantinya, yaitu formasi dokter gigi. Sedangkan formasi dokter spesialis anak dan dokter spesialis kandungan tidak ada penggantinya, karena tak ada peserta di bawahnya.

Sehingga, dalam rekrutmen CPNS 2019, hanya 373 CPNS yang diproses untuk penerbitan Nomor Induk Pegawai (NIP) ke Badan Kepegawaian Negara (BKN). NIP 373 CPNS Pemprov NTB tersebut akan keluar Desember mendatang.

‘’Yang jelas sudah disetujui cuma yang satu saja yang pengganti dokter gigi itu saja. Kalau yang dua-duanya tak ada pengganti adalah dokter spesialis kandungan dan dokter spesialis anak,’’ kata Syamsul.

Sehingga, dari 375 CPNS Pemprov yang dinyatakan lulus, sebanyak 373 formasi yang terisi. Sebanyak 372 CPNS sudah melakukan pemberkasan, sedangkan satu orang yang menjadi pengganti dokter gigi sedang dalam proses pemberkasan.

Ia menyebutkan, Kementerian PANRB memberikan batas waktu untuk pemberkasan sampai 24 November mendatang. ‘’CPNS yang pengganti ini tinggal masukkan berkas saja. Karena sudah siap-siap dari awal,’’ katanya.

Ia menambahkan, NIP 373 CPNS Pemprov NTB yang lulus dalam seleksi tahun 2019 akan keluar Desember mendatang. Termasuk SK pengangkatan dari gubernur. ‘’Sehingga Januari tahun depan mereka sudah mulai kerja,’’ tandas Syamsul.

Dalam rekrutmen CPNS 2019,  Panselnas telah menetapkan 375 pelamar lulus menjadi CPNS Pemprov NTB. Dari 414 formasi CPNS 2019 yang diperoleh Pemprov NTB, semula 39 formasi yang lowong atau tidak terisi. Namun karena ada CPNS yang mengundurkan diri, sehingga formasi yang tak terisi bertambah menjadi 41 formasi.

Sebanyak 414 formasi yang diperoleh Pemprov NTB dalam rekrutmen CPNS 2019, terdiri dari 234 formasi tenaga guru, 101 formasi tenaga kesehatan dan 79 formasi tenaga teknis.

Berdasarkan hasil seleksi CPNS Pemprov NTB tahun 2019, sebanyak 222 orang untuk formasi guru yang dinyatakan lulus. Kemudian 74 orang untuk formasi tenaga kesehatan dan 79 orang untuk formasi tenaga teknis.

Jumlah pelamar yang lulus menjadi CPNS Pemprov NTB sebanyak 375 orang, sedangkan pelamar yang tidak lulus sebanyak 542 orang. Sebanyak  542 pelamar yang dinyatakan tidak lulus dalam seleksi CPNS Pemprov NTB 2019, untuk jenis jabatan tenaga guru 279 orang. Kemudian tenaga kesehatan 123 orang dan tenaga teknis 140 orang. (nas)