Dokter Kecil asal Sumbawa Wakili NTB ke Tingkat Nasional

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Anisa Berliana (11) berhasil memperoleh juara 1 Dokter Kecil Award tingkat Provinsi tahun 2016. Atas prestasi yang ditorehkan, murid kelas 5 SDN Nijang, Kecamatan Unter Iwes, Kabupaten Sumbawa ini, akan mewakili Provinsi ke tingkat Nasional sekitar pertengahan November mendatang.

Kepala SDN Sering, Mustafa A. Latief, S.Pd, kepada Suara NTB, Rabu, 2 November 2016 menyampaikan pihaknya bangga dengan keberhasilan dari anak didiknya tersebut. Keberhasilan ini atas dukungan semua pihak, termasuk orang tua yang selalu memberikan dukungan terhadap anaknya.

Iklan

“Alhamdulillah murid kami memperoleh juara 1 di tingkat Provinsi sebagi dokter Cilik Award Tahun 2016,” ujarnya.

Guna melakukan persiapan ke tingkat nasional, pihaknya akan memperdalam materi yang sudah ada untuk membimbing muridnya. Saat inipun Anisa sudah mulai diberikan bimbingan. Dalam hal ini referensinya mengacu pada pengalaman di tingkat Kabupaten dan tingkat Provinsi. Nantinya muridnya juga akan diberikan pembekalan di Provinsi. Di mana pada tanggal 10 November mendatang muridnya sudah berada di Mataram untuk diberikan pembekalan sebelum mengikuti tingkat Nasional.

Dijelaskannya, di sekolah pihaknya sudah menerapkan kedisiplinan terhadap murid-muridnya terkait pentingnya kebersihan dan kesehatan di sekolah. Baik kebersihan hidup sehat, kebersihan diri sendiri dan kebersihan di masyarakat. Hal ini sudah menjadi program sekolah yakni UKS. Sehingga mereka terbiasa dan merasa termotivasi. “Disamping praktek yang dilaksanakan di sekolah, juga kita dibantu oleh Puskesmas Kerato, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa yang terus memberikan masukan kepada kami dalam rangka pentingnya kesehatan di sekolah ini,” tukasnya.

Sementara Anisa Berliana tidak menyangka akan mendapatkan juara di tingkat Provinsi. Putri dari M. Saleh Mahidin dan Sahariah ini merasa bangga sekaligus bahagia, karena bisa membanggakan sekolah dan orang tuanya. Murid yang bercita-cita menjadi dokter ini termotivasi mengikuti kegiatan tersebut lantaran ingin menyampaikan pesan terutama kepada teman-temannya, keluarga, dan masyarakat mengenai pentingnya perprilaku hidup bersih dan tetap menjaga kesehatan dengan teratur dan baik. “Insya allah saya akan berusaha supaya bisa mendapat juara di tingkat nasional. Sekarang sudah mulai diberikan bimbingan. Untuk persiapan akan meningkatkan belajar materi yang sudah diajarkan,” sebutnya. (ind)