Diusulkan Dinaikkan, Honor Tim Pemakaman Pasien Covid-19

H. Baehaqi (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Honor tim pemakaman pasien Covid-19 di Kabupaten Lombok Barat (Lobar) hanya diberikan Rp50 ribu per orang dalam sekali pemakaman. Jumlah honor ini dinilai terlalu kecil, tak sesuai dengan tugas tim pemakaman yang rawan terpapar Covid-19. Untuk itu, Pemda Lobar pun akan mengevaluasi besaran honor petugas pemakaman tersebut.

Sekretaris Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 yang juga Sekda Lobar Dr. H. Baehaqi yang diinformasikan terkait viralnya honor Bupati Jember dari pemakaman pasien Covid-19 mengatakan kalau honor tim pemakaman di Lobar sangat kecil. Bahkan tak sebanding dengan tugas tim pemakaman itu sendiri.

Iklan

Ia mengatakan ada dua tim penanganan pasien covid-19 yang meninggal. Yakni ada tim pemulasaraan jenazah dan tim pemakaman. Tim pemulasaran itu berada di rumah sakit tugasnya, memandikan, mengkafani, memasukkan dalam peti lalu mengantarkan ke pemakaman.  Sedangkan tim pemakaman itu di Satgas Covid-19 tugasnya memasukkan ke dalam liang lahat.

“Honor tim pemulasaran itu ada di rumah sakit. Sedangkan untuk tim pemakaman, honornya Rp50 ribu per orang sekali pemakaman. Itu dipandang sangat sedikit. Makanya pak bupati minta Kita pelajari, kasihan lah orang kan,” terang Sekda Minggu, 29 Agustus 2021.

Karena itu, ujarnya, bupati minta agar itu dipelajari. Kemungkinan yang layak Rp250 ribu per orang. Hal ini pun tengah dipelajari, baik dari sisi regulasi. Karena diakui, sangat sedikit honor ini. Sekali pemakaman tim yang terlibat 4-8 orang. “Jadi honornya tergantung berapa yang memakamkan, kalikan saja,” imbuhnya.

Sedangkan honor untuk Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Lobar sejauh ini belum ada honornya, karena honor belum dianggarkan. “Kita juga sedang pelajari, supaya ndak keliru,”imbuhnya.

Berdasarkan data covid-19, sejauh ini terdapat 124 pasien covid-19 yang meninggal di Lobar. Paling banyak di Narmada sebanyak 19 orang dan Labuapi 17 orang. Sedangkan angka terkonfirmasi positif Covid-19 hingga Ahad (29/8) mencapai 3.140 orang, masih isolasi 223 orang dan yang sudah sembuh 2.793 orang. (her)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional