Diumumkan Hari Ini, 5.559 Pelamar CPNS Pemprov NTB Lolos Seleksi Administrasi

Kepala BKD NTB, H. Fathurahman (Suara NTB/nas)

Mataram (Suara NTB) – Pemprov NTB telah merampungkan verifikasi dan validasi berkas pendaftaran pelamar CPNS 2018. Hasil verifikasi, sebanyak 5.559 pelamar dinyatakan lolos seleksi administrasi.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB, Drs. H. Fathurahman, M. Si menyebutkan, jumlah pelamar yang mendaftar secara online sebanyak 6.556 orang. Setelah dilakukan verifikasi dan validasi berkas, sebanyak 997 pelamar dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS).

Iklan

‘’TMS ini karena hampir setengahnya tak mengirim berkas lewat PT. Pos Indonesia. Karena itu merupakan suatu persyaratan,’’ jelas Fathurahman di Mataram, Rabu. (25/10).

Data sementara BKD NTB, sebanyak 1.319 pelamar gugur atau tak memenuhi syarat. Namun, setelah adanya penyesuaian kualifikasi pendidikan dengan jabatan pada formasi, ada beberapa yang dinyatakan memenuhi syarat (MS).

Ia mencontohkan seperti formasi guru teknik mesin. Dalam persyaratan disebutkan, pelamarnya berkualifikasi sarjana pendidikan teknik mesin. Para pelamar tidak ada yang S1 pendidikan teknik mesin, tetapi S1 teknik mesin.

‘’Sehingga diberi ruang memperbaiki

hal-hal yang kiranya menjadi pengaduan masyarakat, pelamar,’’ jelasnya.

Fathurahman mengatakan, banyaknya pelamar yang TMS karena kualifikasi pendidikan tak sesuai dengan jabatan yang dibutuhkan. ‘’Kalau legalisasi ijazah mungkin bisa diloloskan di tahap administrasi,’’ katanya.

Rencananya, Pemda di NTB akan mengumumkan secara serentak hasil seleksi administrasi CPNS 2018, kecuali Kota Mataram yang sudah lebih dulu mengumumkan pada Selasa (24/10) lalu. Sementara Pemprov dan sembilan kabupaten/kota mengumukan secara serentak hasil seleksi administrasi pada Kamis (26/10), hari ini.

Terkait dengan pelaksanaan tes CAT, masih belum jelas. Rencana sebelumnya, pelaksanaan tes CAT akan dimulai 26 Oktober. Namun jadwal itu masih tentatif. Pemprov masih menunggu informasi resmi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

‘’Karena informasi kita dapatkan belum valid dari BKN. Sehingga kita menunggu jadwal untuk pelaksanaan tes,’’ katanya.

Fathurahman menjelaskan, untuk Pemda di Pulau Sumbawa, Lombok Timur dan Pemprov NTB akan melaksanakan tes CAT secara mandiri. Karena fasilitas yang dibutuhkan sudah tersedia. Sementara Lombok Tengah, Lombok Barat, Lombok Utara dan Kota Mataram akan bergabung dengan UPT BKN Mataram.

Pemprov NTB memiliki 100 komputer untuk pelaksanaan tes CAT. Dengan jumlah pelamar sebanyak 5.559 orang yang memenuhi syarat, dibutuhkan waktu sekitar 11 hari untuk pelaksanaan tes. Setiap hari ada 500 orang yang akan tes dengan fasilitas yang ada. Pelaksanaan tes CPNS ditenggat paling lambat 17 November mendatang.

‘’Pelaksanaan tes tak serentak. Besok kemungkinan sudah ada tes dari instansi vertikal, kementerian. Kalau yang tak mandiri akan mengikuti jadwal BKN,’’ jelasnya. (nas)