Ditunda, Pengaspalan Jalan Pasar Mandalika

Mataram (Suara NTB) – Pengaspalan jalan di area dalam Pasar Mandalika, Bertais ditunda. Awalnya pengaspalan jalan yang kondisinya banyak berlubang tersebut akan dilaksanakan tahun ini. Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan, Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Mataram, Uun Pujianto kepada Suara NTB menyampaikan saat ini pihaknya masih fokus mempersiapkan berbagai penataan lainnya untuk kesiapan Kota Mataram menghadapi MTQ Nasional ke-26.

Kendati demikian ia menyampaikan pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Mataram terkait rencana pengaspalan ini. “Kita masih fokus persiapan MTQ. Belum tahun ini, tapi kita sudah koordinasi dengan PU,” jelasnya, Senin (25/7/2016).

Iklan

Tahun ini pihaknya hanya akan melakukan pemasangan paving block di bagian dalam pasar, khususnya di lorong-lorong penghubung antar los. Pemasangan paving block ini untuk mengatasi pasar yang kerap becek saat musim hujan. Lorong-lorong di bagian dalam pasar induk tersebut tampak becek dan kotor karena kondisi drainase pasar yang buruk. Biasanya air dari drainase akan melimpah ke luar walaupun tidak musim hujan. Jalan dan drainase pasar termasuk yang belum pernah diperbaiki dalam beberapa tahun belakangan ini. Rencananya pengaspalan jalan ini akan direalisasikan tahun depan.

Sebelumnya Kepala Dinas PU Kota Mataram, Ir. H. Mahmuddin Tura menyampaikan pembangunan jalan Pasar Mandalika ini akan dianggarkan dalam APBD Perubahan 2016. Dana yang akan digunakan untuk pembangunan jalan ini diharapkan bersumber dari dana pembantuan APBN. Jika tidak ada anggaran dari pemerintah pusat, maka pembangunan jalan akan ditunda sampai tahun depan. “Kalau tidak ada anggaran pusat ya sudah tunggu 2017,” ujarnya.

Mahmuddin belum mengetahui berapa dana yang dibutuhkan untuk pembangunan jalan tersebut karena sampai saat ini pihaknya masih melakukan survei. “Ini masih disurvei. Kemarin kita sudah koordinasi dengan Perindag dan teman-teman Perindag sudah turun ke lapangan untuk pengukuran,” jelasnya. Mahmuddin memperkirakan panjang jalan sekitar 500 meter, di samping itu sistem drainase di dalam pasar juga akan diperbaiki. (ynt)

  Awal Tahun, Serapan Pajak Parkir Minim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here