Ditinjau Kadis PUPR NTB, Pemeliharaan DI Jurang Sate Hulu Manggong Ciptakan Lapangan Kerja

Kadis PUPR NTB, H. Sahdan saat meninjau penanganan pemeliharaan saluran irigasi DI Jurang Sate Hulu Manggong Desa Prina Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah. (suarantb.com/ist)

Mataram (Suara NTB) – Kepala Dinas (Kadis) PUPR Provinsi NTB, H. Sahdan, MT didampingi Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas PUPR Provinsi NTB, Lalu Kusuma Wijaya beserta beberapa staf Dinas PUPR Provinsi NTB melakukan kunjungan lapangan ke Daerah Irigasi (DI) Jurang Sate Hulu Manggong Desa Prina Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah.

Sahdan mengatakan saluran irigasi DI Jurang Sate Hulu Manggong merupakan saluran sekunder dan juga Program Tugas Pembantuan Operasi dan Pemeliharaan (TP-OP) yang saat ini dilokasi tersebut sedang berlangsung penanganan pemeliharaan rutin dengan melibatkan peran gender baik laki-laki maupun perempuan.

Iklan

Kegiatan penanganan pemeliharaan ini selain menciptakan lapangan kerja terhadap masyarakat yang terhenti mata pencahariannya di tengah pandemi covid-19. Sekaligus juga menjaga serta memelihara fungsi utama irigasi. “Diharapkan keterlibatan masyarakat dalam menjaga dan memelihara infrastruktur irigasi tetap berjalan,” harapnya.

Selain meninjau penanganan pemeliharaan saluran irigasi DI Jurang Sate Hulu Manggong, Sahdan bersama rombongan juga menghadiri Kegiatan Pertemuan Konsuktasi Masyarakat (PKM) program IPDMIP daerah irigasi Renggung Lombok Tengah dengan seluruh steakholder pengelola irigasi. Seperti P3A, GP3A, pengamat pengairan dan dinas/instansi terkait didampingi konsultan perencana dan konsultan pendamping masyarakat.

“Tujuannya adalah untuk mendapatkan umpan balik informasi pengelolaan irigasi sebagai bahan penyusunan dokumen perencanaan dan penentuan arah kebijakan di dalam meningkatkan kinerja pengelolaan sistem irigasi,” kata Sahdan. (nas)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional