Diterjang Angin, Puluhan Bagang di Labuhan Mapin Rusak

Puluhan bagang nelayan Labuhan Mapin saling bertabrakan di pesisir pantai akibat diterjang angin kencang, Senin, 9 November 2020.(Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Angin kencang disertai ombak yang menerjang perairan Desa Labuhan Mapin, Kecamatan Alas Barat, Senin, 9 November 2020, membuat para nelayan merugi. Puluhan bagang (sampan besar alat tangkap) yang terseret hingga ke pesisir pantai mengalami kerusakan.

Informasi yang dihimpun Suara NTB, para nelayan tidak menyadari datangnya angin kencang serupa badai itu dengan tiba-tiba. Sekitar pukul 15.00 wita, angin dan ombak disertai hujan tersebut tiba-tiba datang menerpa. Akibatnya nelayan tak punya kesempatan menyelamatkan bagang atau bagan apung mereka.

Iklan

Kencangnya angin yang menerpa membuat jangkar bagang nelayan tidak bisa bertahan. Dan saat itulah, saat satu persatu bangang terseret ke pesisir hingga kandas dan bertabrakan satu sama lainnya. Tabrakan itulah yang kemudian membuat kerusakan  pada perangkat utama nelayan di desa pintu masuk kabupaten Sumbawa ini.

Para nelayan mengaku, tak dapat berbuat banyak untuk menyelamatkan bagang mereka. Kecangnya angin membuat mereka kesulitan mempertahankan posisi bagangnya agar tak kandas. “Kami hanya tunggu saja angin reda baru bisa mengatur posisinya. Tapi itu sudah rusak karena bertabrakan tadi,” cetus Nasir salah seorang nelayan setempat.

Sebenarnya kondisi cuaca buruk seperti saat ini setiap tahunnya terjadi. Hanya saja lanjut Nasir, biasanya ia dan nelayan lain bisa memperdiksinya sehingga sebelum terjadi angin kencang atau ombak besar mereka sudah mengungsikan bagangnya ke perairan teduh. “Tapi tadi memang seketika cuaca berubah,” urainya.

Akibat angin kencang itu, para nelayan pemilik bagang mengalami kerugian. Kerusakan bagang mereka diprediksi harus memakan biaya jutaan hingga belasan juta untuk perbaikannya.

Selain bagang nelayan, kerusakan akibat angin kencang yang menerpa di desa Labuhan Mapin itu menimbulkan kerusakan pada beberapa rumah warga. Terutama yang berada di pesisir, banyak atap rumah warga terlepas. (bug)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional