Diterjang Abrasi Pantai, Jalan Provinsi di Kilo Nyaris Putus

Dompu (Suara NTB) – Jalan lintas Kilo di Desa Mbuju nyaris putus akibat diterjang abrasi pantai. Tidak hanya di satu titik, tapi ada beberapa titik yang juga disebabkan oleh banjir bandang. Ruas jalan yang berada di pinggir pantai pada bagian utara dan bagian selatannya langsung tebing tingginya mengancam keselamatan pengguna jalan. Akses jalan ini menjadi satu – satu jalan yang menghubungkan Kilo dengan Kota Dompu serta menjadi akses jalan lingkar utara Bima – Dompu.

Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin pada acara gemar makan ikan di pantai Nanga Toi Kecamatan Kilo, Minggu, 2 April 2017 mengatakan, akses jalan lintas Kilo ini menjadi kewenangan Provinsi untuk menanganinya. Namun saat ini, pihaknya tengah mengupayakan untuk ditingkatkan menjadi jalan standar nasional. Karena pada tahun 2018 mendatang, pelabuhan Nusantara di Desa Mbuju Kecamatan Kilo akan dimulai proses pembangunan pelabuhannya.

Iklan

Pelabuhan Nusantara Kilo akan menjadi penggerak ekonomi di pulau Sumbawa, karena menjadi pintu masuk transportasi lautnya. Dengan demikian, pelabuhan yang akan terbangun merupakan pelabuhan berkapasitas besar. Untuk mendukung itu semua, maka akses jalannya harus lebar dan kapasitasnya lebih tinggi. “Kalau sudah jadi pelabuhan Nusantara, maka akses jalannya juga harus lebih besar dan bertonase tinggi,” jelas H. Bambang M. Yasin.

Kendati demikian, harapan masyarakat Kilo soal jalan yang terkena abrasi akan segera diperjuangkan untuk ditangani secara sementara. Sehingga kerusakannya tidak semakin lebar dan parah. Apalagi akses jalan ini menjadi satu – satunya akses jalan penghubung Kilo dengan Kota Dompu serta daerah lain.

Sebelumnya, Plt Camat Kilo yang juga sekretaris Camat Kilo, Suhardin, S.Sos dalam laporannya, menyampaikan harapannya agar Bupati bisa membantu perbaikan akses jalan lintas Kilo. Karena akses jalan sudah banyak yang bolong dan di beberapa titik seperti di Desa Mbuju yang nyaris putus akibat diterjang abrasi pantai. “Kita berharap agar ada perhatian Bupati untuk perbaikan jalan di Kilo yang sudah banyak berlubang,” katanya.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Dompu, Drs Imran menyampaikan, kerusakan jalan lintas Kilo Desa Mbuju ini sudah cukup memprihatinkan akibat diterjang abrasi pantai. Akses jalan yang menjadi tanggungjawab Provinsi ini hampir setengahnya putus. “Kita berharap ada perhatian Provinsi untuk segera memperbaikinya,” ungkap Imran. (ula)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here