Ditemukan Warga Bayi Baru Lahir, Ditinggal Dirumah Kosong

Ilustrasi bayi (Suara NTB/maxpixel.net)

Praya (Suara NTB) – Warga Desa Darek Kecamatan Praya Barat Daya, Lombok Tengah (Loteng), Sabtu, 6 November 2021  dibuat geger oleh penemuan bayi baru lahir, disalah satu rumah kosong di Dusun Bale Luah. Bayi seberat 2,7 kg tersebut ditemukan dalam kondisi kedinginan, setelah diduga ditinggal orang tuanya. Polisi pun kini tengah melakukan penyelidikan guna mencari pelaku yang meninggalkan bayi malang tersebut.

Kapolres Loteng, AKBP Hery Indra Cahyono, S.H., melalui Plh. Kapolsek Praya Barat Daya, Iptu Samsul mengungkapkan, awal mula penemuan bayi berjenis kelamin perempuan tersebut. Sebelum kejadian, hujan turun dengan lebat. Begitu hujan reda, sekitar 16.30 wita, dari salah satu rumah kosong warga mendengar suara tangis bayi.

Iklan

Warga yang curiga kemudian mendatangi rumah kosong milik warga setempat tersebut. setelah sebelumnya melaporkan ke kepala dusun setempat. Begitu diperiksa, benar saja ada sesosok bayi tergeletak di lantai rumah dalam kondisi basah kuyup dan langsung dibungkus kain.

Polisi yang datang beberapa saat kemudian mengamankan bayi tersebut untuk selanjutkan dibawa ke puskesmas terdekat. Pasalnya, kondisi dingin dikhawatirkan bisa mengancam keselamatan bayi tersebut. “Setelah sempat dirawat dan dibersihkan oleh warga, bayi langsung dibawa ke Puskemas Darek untuk mendapat perawatan medis,” terang Samsul.

Dari hasil pemeriksaan medis diketahui kalau bayi tersebut baru saja dilahirkan. Hal itu bisa dilihat dari tali ari-ari bayi yang masih baru dan basah. “Berdasarkan pemeriksaan medis, bayi tersebut baru beberapa jam saja lahir. Itu dilihat dari beberapa ciri fisik dari bayi tersebut,” ujarnya.

Polisi telah meminta ketengan sejumlah saksi mata yang menemukan bayi tersebut. Untuk mengungkap orang tua dan pelaku yang meninggalkan bayi di rumah kosong milik warga tersebut. Dugaan awal, pelaku bukan orang luar. Tapi warga sekitar.

“Kasusnya masih terus kita kembangkan penyelidikan,” tambah Samsul. Adapun bayi tersebut saat ini masih dalam pengawasan atau observasi pihak Puskezmas Darek. Jika memang dibutuhkan perawatan lebih lanjut, kemungkinan bayi tersebut akan dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Praya. (kir)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional