Ditemukan Daging Tak Layak Konsumsi Beredar di Pasar

Pedagang di Pasar Mandalika memasukkan daging beku tak layak konsumsi ke dalam kresek, Selasa, 29 Desember 2020. Sebelumnya daging tersebut dipajang di meja dengan maksud agar dibeli oleh konsumen. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Dinas Pertanian Kota Mataram menemukan daging sapi beku tak layak konsumsi dijual secara bebas di Pasar Mandalika. Tindakan pedagang nakal ini dikhawatirkan merugikan masyarakat.

Kepala Dinas Pertanian Kota Mataram, Ir. H. Mutawalli melalui Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Pertanian, Hj. Elya Hadiana membenarkan, inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) menemukan daging sapi yang tak layak konsumsi dijual oleh pedagang. Kondisi daging sapi impor berwarna biru kehitaman. Hal ini dikhawatirkan mengganggu kesehatan masyarakat jika dikonsumsi. Tadi sudah ada lalat hijau yang sudah hinggap di daging. Itu artinya sudah rusak dan tidak layak konsumsi, kata Elya ditemui, Selasa, 29 Desember 2020.

Pedagang harus mentaati prosedur penjualan daging impor. Di antaranya, tidak boleh diletakkan di luar coldbox. Daging impor yang diletakkan di luar hanya bertahan 2 3 jam saja. Selebihnya dikhawatirkan terkontaminasi oleh bakteri.
Elya mengaku telah meminta kepala pasar mengingatkan pedagang untuk memusnahkan daging tersebut. Tadi saya sudah minta supaya jangan lagi dijual daging itu, tandasnya.

Terkait penertiban pedagang nakal, mantan Lurah Ampenan Tengah mengatakan, temuan di lapangan akan disampaikan ke pimpinannya dan diharapkan diambil tindakan tegas. Nanti saya akan laporkan ke Pak Kadis langsung, ucapnya.
Kepala Pasar Mandalika, Ismail mengaku pedagang daging di Pasar Mandalika sudah diberikan coldbox oleh Dinas Pertanian untuk menyimpan daging beku. Fasilitas diberikan pemerintah justru tidak dimanfaatkan. Adapun temuan tersebut akan ditindaklanjuti dengan mengingatkan pedagang daging tersebut agar tidak menjual atau segera memusnahkan daging tak layak konsumsi. Sekarang saya langsung ingatkan mereka, demikian kata Ismail. (cem)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here