Ditarget Selesai Juli, Pengerjaan Perpanjangan ‘’Runway’’ BIZAM Dikebut

Runway LIA saat ini memiliki panjang 2.750 meter. Dan, tahun ini proyek perpanjangan run way LIA akan dimulai bersamaan dengan proyek perluasan terminal LIA. (Suara NTB/ist)

Praya (Suara NTB) – PT. Angkasa Pura (AP) I Lombok International Airport (LIA) saat ini tengah berusaha mempercepat pengerjaan perpanjangan runway (landasan pacu) Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid (BIZAM). Percepatan ini dilakukan untuk mengejar target tuntas pada bulan Juli mendatang sesuai permintaan pusat dari rencana awal pada bulan Oktober 2021 mendatang.

General Manager (GM) PT. AP I LIA, Nugroho Jati, Selasa, 19 Januari 2021, mengaku sesuai kontrak yang ada proyek perpanjangan runway bandara mestinya selesai pada bulan Oktober 2021. Tapi karena ada permintaan pusat, proyek tersebut harus sudah selesai di bulan Juli mendatang. Bahkan bulan Juli itu statusnya runway bandara sudah bisa digunakan.

Iklan

Itu artinya sebulan sebelumnya sudah harus selesai dikerjakan, karena kalau runway sebelum digunakan harus melalui uji kelayakan terlebih dahulu, baru bisa digunakan dan didarati pesawat. “Target ini yang saat ini tengah kita kejar,” sebutnya.

Ia menjelaskan, perpanjangan runway bandara sendiri direncanakan sekitar 550 meter dari panjang runway saat ini 2.750 meter menjadi 3.300 meter dengan lebar 40 meter. Dengan panjang runway tersebut, BIZAM nantinya bisa didarati pesawat berbadan lebar kelas Boeing 777 yang kemungkinan datang dengan adanya perhelatan balap MotoGP di kawasan The Mandalika.

“Pengembangan bandara sendiri dilakukan untuk mendukung gelaran MotoGP. Jadi sebelum event akbar tersebut digelar, semua persiapan terkait bandara sudah harus selesai. Termasuk perpanjangan runway ini,” jelasnya.

Hanya saja dengan kondisi cuaca yang kurang bersahabat seperti sekarang ini, pihaknya cukup khawatir target tidak bisa tercapai maksimal. Namun demikian, pihaknya tetap akan berupaya maksimal mengejar target yang ada. Pihak rekanan proyek perpanjangan runway bandara pun sudah menyatakan kesiapannya untuk bisa mengejar target yang ada. (kir)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional