Ditanggung Pemda Kabupaten/Kota, Butuh Rp5,4 Miliar, Anggaran Swab KPPS dan Petugas TPS

H. Lalu Gita Ariadi (Suara NTB/nas)

Mataram (Suara NTB) – Pemda di tujuh kabupaten/kota yang melaksanakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 diminta menyiapkan anggaran pemeriksaan kesehatan bagi petugas KPPS dan petugas ketertiban TPS. Hal tersebut untuk menjamin terselanggaranya Pemilu yang sehad dan kondusif di tengah pandemi virus Corona (Covid-19) yang masih berlangsung.

Sekda NTB selaku Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si menerangkan, pemeriksaan kesehatan tersebut meliputi rapid test massal serta antisipasi pemeriksaan sampel reaktif dengan PCR. Mengingat anggaran yang dimiliki pemerintah provinsi sangat minim, maka pelaksanaan pemeriksaan kesehatan tersebut diharapkan dapat diakomodir oleh Pemda kabupaten/kota.

Iklan

‘’Kita sudah jelaskan ke temen-temen KPU kami terbatas, kami antisipasi yang lain. Untuk rapid test biayanya kabupaten/kota yang anggarkan. Sesuai dengan jumlah KPPS-nya. Jumlah penduduk yang terbesar Lombok Tengah,’’ ujar Sekda saat memberi keterangan, Kamis, 8 Oktober 2020.

Diterangkan, dari tujuh kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada serentak jumlah TPS yang tercatat mencapai 6.086 unit. Dari jumlah tersebut, total KPPS dan petugas ketertiban TPS mencapai 54.774 orang.

‘’Jumlahnya dari 54.774 orang itu kita tambah 10 persen (reagen yang disiapkan) menjadi 60.000. Itu untuk antisipasi ada yang raktif dan harus diganti,’’ ujar Sekda.

Sebagai antisipasi, Pemprov NTB besama-sama dengan KPU juga mengajukan permintaaan ke pemerintah pusat untuk dapat mengakomodir kebutuhan pemeriksaan tersebut. ‘’Kami sudah sampaikan fakta data keuangan kami di Covid-19 ini sudah dalam keadaan menipis,’’ jelas Sekda. Anggaran yang dibutuhkan sendiri mencapai Rp5,4 miliar.

‘’Dengan harga pemeriksaan PCR Rp900 ribu saat ini, untuk 60.000 orang kita butuh sekitar itu. Ini yang belum ada di kabupaten/kota dan penyedia Pilkada. Kalau untuk yang (biaya) rapid test sudah disiapkan semua,’’ tandasnya. (bay)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional